Sukses

Sebelum Maju Pilkada Sumsel, Aswari Riva'i Jadi Pelopor Rumah Singgah

Cagub Pilkada Sumsel Aswari Rivai sudah menyediakan rumah singgah bagi masyarakat Palembang secara gratis.

Liputan6.com, Palembang - Sebelum mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur (Cagub) di Pilkada Sumsel, nama Aswari Riva'i sudah banyak dikenal masyarakat Sumsel. Bupati nonaktif Kabupaten Lahat Sumsel ini menjadi penggagas Rumah Singgah bagi masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal sementara.

Para pendatang dari luar Kota Palembang, bahkan luar provinsi Sumsel bisa menikmati layanan tempat tinggal sementara di Rumah Singgah Aswari Rivai (SAR).

Rumah singgah ini bahkan sudah lama disediakan oleh Aswari Rivai, jauh sebelum dia maju di Pilkada Sumsel. Penginapan gratis bagi masyarakat biasanya dimanfaatkan keluarga pasien Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Rumah SAR ini berada tepat di depan RSMH Palembang, di Jalan Jenderal Sudirman Palembang. Tempat singgah ini sudah dibangun Cagub Sumsel sejak dua tahun lalu.

Rumah SAR berada di ruko tingkat tiga dan bercat merah putih. Setiap hari banyak pengunjung RSMH Palembang dari berbagai daerah yang singgah, bahkan menginap tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Menurut Aswari Rivai, Rumah SAR ini sudah lama dibangunnya dan memang untuk membantu masyarakat yang membutuhkan tempat tinggal.

"Kita sengaja menyediakan tempat agar warga dari daerah yang jauh dari kota Palembang bisa menemani keluarga mereka tanpa harus menyewa tempat untuk menginap.di Rumah SAR ini kita tidak membebankan biaya apapun kepada mereka," ujar Aswari Rivai kepada Liputan6.com, Minggu (4/3/2018).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan UMKM Sumsel

Rumah SAR ini bisa diakses setiap hari selama 24 jam. Fasilitas di rumah SAR cukup lengkap, lantai dua disediakan untuk istirahat kaum pria sedangkan lantai tiga untuk perempuan.

Ada para relawan yang setiap saat melayani pengunjung. Di dalam Rumah SAR juga disediakan 30 unit kasur, karpet, dan fasilitas lainnya, termasuk dapur berikut alat masak.

Aswari Rivai juga menyediakan empat unit mobil ambulans yang bisa digunakan para pengunjung dan masyarakat Palembang secara gratis.

Selain dermawan, Aswari Rivai juga dikenal sebagai sosok yang ramah dan bijaksana. Yabi, salah satu teman lama Cagub Sumsel ini sudah mengenal secara akrab sosok Aswari Rivai sejak masih muda.

"Aswari itu orangnya peduli dan perhatian, 'cool', mudah berteman, mudah diajak bicara dan tidak sombong. Saya salah satu yang cukup kenal lama," kata dia.

Yabi mengenal Aswari Rivai sejak tahun 1970. Di masa muda, Aswari cukup aktif dalam berorganisasi, baik organisasi kemasyarakatan hingga organisasi olahraga. Aswari juga menjadi salah satu tokoh yang aktif dalam kegiatan keagamaan.

Dia berharap Aswari bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat Sumsel. Salah satunya bisa meningkatkan kesejahteraan dari para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan masyarakat yang kekurangan dari segi ekonomi lainnya.

"Para UMKM, pedagang kecil perlu menjadi perhatian, masyarakat yang kondisi ekonominya belum mencukupi juga harus jadi perhatian," ucap Yabi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini