Sukses

Ridwan Kamil: Rindu Itu Berat, Jangan Dilawan

Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang dikenal dengan jargon unik untuk kampanyenya.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memang dikenal dengan jargon unik untuk kampanyenya. Saat resmi berpasangan dengan Uu Ruhzanul Ulum, keduanya menamai diri sebagai Rindu yang merupakan akronim dari Ridwan Kamil dan Uu Ruhzanul Ulum. Menurut Emil, sapaan akrab, Ridwan Kamil, nama Rindu dipilih karena mudah diterjemahkan dan memiliki banyak arti.

Namun kini, sebuah kalimat yang mencantumkan kata "rindu" tengah populer.

"Jangan rindu, berat. Kau enggak akan kuat. Biar aku saja." Ungkapan tesebut terkenal karena seorang tokoh novel bernama Dilan. Ucapan itu semakin kondang kala novel Dilan, Dia adalah Dilanku pada 1990 karya Pidi Baiq diangkat ke layar lebar. Film yang tayang perdana pada 25 Januari 2018 ini berhasil menggaet 6 juta penonton.

Apakah Ridwan Kamil tidak takut warga Jawa Barat "berat" memilihnya lantaran mengusung nama Rindu?

"Justru enggak begitu," bantah Emil saat mengunjungi redaksi Liputan6.com, Jumat 2 Maret 2018.

Menurut Wali Kota Bandung ini, Rindu, yakni dirinya dan Uu Ruhzanul Ulum, itu berat sehingga tidak sepatutnya dilawan.

"Rindu itu berat, mending jangan dilawan. Betul enggak?" ujar Ridwan Kamil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengusung Jargon Unik

Tak hanya Rindu, Emil juga mengusung beberapa jargon unik lainnya, seperti Jabar Juara dan Besok Libur (Bersama Sokong Emil-bareng Uu Ruzhanul). Jabar Juara sendiri berisi deretan visi yang diusung oleh pasangan cagub-cawagub Jawa Barat nomor 1 ini.

Menurut Emil, dia memang ingin menghadirkan kampanye yang lebih santai sesuai dengan harapan KPU Jawa Barat. Dia mencoba menarik simpati warga Jawa Barat melalui jargon yang unik.

"Gini, kan saya dititipi KPU ya, bisa enggak kampanye Pilkada Jawa Barat itu jangan terlalu tegang," jelas Emil.

Emil pun senang saat pendukungnya terutama ibu-ibu bahagia ketika meneriakkan jargon yang dibuatnya. Hal itu terlihat melalui hasil jepretan momen sang fotografer.

"Nah saya punya fotografer yang suka capture tuh," kisah Emil. Dalam gambar bidikan fotografer tersebut, kelompok ibu-ibu menunjukkan tawa semringah.

"Karena saya bikin slogan yang bikin ketawa, Jabar Juara, Besok Libur, bayar utang," kata Emil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.