Sukses

Libur Imlek, Gus Ipul Ziarah ke Makam Sunan Giri

Gus Ipul tiba di kompleks makam Sunan Giri tepat pukul 11.00 WIB.

Liputan6.com, Surabaya - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul memanfaatkan libur Hari Raya Imlek dengan berziarah ke Makam Sunan Giri di Gresik Jawa Timur.

Ditemani sejumlah pengurus parpol pendukung, PKB, PDIP, PKS dan Gerindra, Gus Ipul tiba di kompleks makam Sunan Giri tepat pukul 11.00 WIB.

Naik tangga menuju makam, ratusan peziarah dengan telaten disapa dan disalami oleh Gus Ipul. Mereka juga tampak berebut selfie dengan Gus Ipul.

"Alhamdulillah selamat datang di makam Sunan Giri. Semoga apa yang diinginkan selalu diridhoi Allah," sapa Gus Ipul pada rombongan peziarah asal Jember, Jumat (16/2/2018).

Gus Ipul lantas masuk ke dalam kompleks makam dan membacakan tahlil di dekat Makam Sunan Giri. Usai berdoa di makam, Gus Ipul kemudian mengikuti salat Jumat di Masjid Sunan Giri.

Selepas salat, lagi-lagi Gus Ipul kembali berbaur dengan para peziarah. Gus Ipul blusukan ke pada pedagang dan sempat membeli dua blangkon hitam yang lantas dikenakannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenguk Nyai Hunainah Abdullah

Sebelum berziarah ke Makam Sunan Giri, Gus Ipul ternyata sempat menjenguk Ibu Nyai Hunainah Abdullah Faqih, istri almarhum KH Abdullah Faqih pengasuh pesantren Langitan Tuban, yang saat ini terbaring sakit di Rumah Sakit Ibnu Sina Gresik.

Ditemani beberapa putra dan putri KH Abdullah Faqih, Gus Ipul tiba di Rumah Sakit dan langsung naik ke lantai 4 menuju ke ruang perawatan Nyai Hunainah.

Menurut Gus Ipul, sebagai seorang santri sekaligus sahabat, maka kewajibannya adalah menjenguk istri almarhum KH Abdullah Faqih.

"Semoga Bu Nyai segera diberikan kesembuhan dan kesehatan," kata Gus Ipul yang lantas dilanjutkan dengan mendoakan Nyai Hunainah dari dekat.

Di usianya yang sudah sepuh, Nyai Hunainah sudah tiga hari terbaring sakit di RS. Gus Ipul mengisahkan bahwa hampir setiap berada di Tuban selalu mampir ke Pesantren Langitan sehingga ketika Nyai Hunainah sakit, dirinya langsung menyempatkan diri untuk menjenguknya di rumah sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.