Sukses

Entaskan Kemiskinan Jadi Salah Satu Prioritas Khofifah-Emil

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak menyatakan siap menjadikan program mengentas kemiskinan sebagai salah satu prioritasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak menyatakan siap menjadikan program mengentas kemiskinan sebagai salah satu prioritasnya. Khofifah membeberkan data yang cukup mutakhir tentang hasil survei timnya tentang pendapat warga Jawa Timur tentang sosok Gubernur yang diharapkan masyarakat.

Program yang dianggap prioritas untuk gubernur mendatang adalah yang bisa mengentaskan kemiskinan sebanyak 40,57 persen. Berikutnya yang menjadi prioritas harapan masyarakat nomor dua adalah pembangunan infrastruktur sebesar 20,85 persen. Sedangkan yang ketiga adalah pengangguran dan tenaga kerja sebesar 15,42 persen.

Selanjutnya disusul dengan harapan tentang perbaikan layanan pendidikan, sektor pertanian dan perikanan, dukungan untuk UKM, layanan kesehatan, beber korupsi, pengembangan pariwisata, dan kerjasama dengan parpol dan DPRD.

"Insyaallah kalau pengentasan kemiskinan saya expect di bidang ini. Sedangkan untuk nomor dua pembangunan infrastruktur itu bidangnya Mas Emil, beliau adalah bidangnya adalah pengembangan wilayah," tutur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Selasa 6 Februari 2018.

Khofifah menyebutkan Program Keluarga Harapan (PKH) adalah saalah satu program inisiasinya dalam rangka pengentasan kemiskinan. Program ini bahkan dinilai sebagai program paling efektif dalam rangka menurunkan kemiskinan.

Dalam mengukur program ini efektif atau tidak, dikatakan Khofifah, harus ada survei, riset, dan ia selalu sampaikan tidak boleh gambling. Ia selalu menurunkan tim untuk melakukan quick research agar rekomendasi survei itu bisa dilakukan interfensi ke masyarakat juga dalam waktu yang cepat.

"Kalau saya yang ngomong program PKH itu efektif nanti karena saya yang inisiasi, tapi kalau hasil survei yang bicara kan sudah fakta bukan saya lagi," kata Khofifah Indar Parawansa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Paling Signifikan

Khofifah menyampaikan, Kementerian Keuangan juga sempat menerbitkan buku pada bulan September 2017. Dikatakan wanita yang sudah menjadi anggota DPR RI di usia 26 tahun ini, PKH dituliskan sebagai program pengentasan kemiskinan yang paling siginifikan.

"Kemenkeu menuliskan buku, di sana dituliskan PKH ini paling siginifikan menurunkan kemiskinan dengan bukti penurunan gini rasio," ucap Khofifah.

Program PKH ini merupakan program pemberdayaan warga masyarakat untuk menjadikan keluarga memiliki toko elektronik di mana keluarga harapan bisa mendapatkan beras dengan uang yang diberikan negara sesuai kebutuhan. Mereka bisa memilih beras medium atau premium dan juga telur.

"Kerena dianggap paling siginifikan, itulah kenapa Pak Presiden Jokowi menaikkan jumlah keluarga penerima PKH ini dar 6 juta keluarga tahun ini menjadi 10 juta keluarga penerima PKH," ujar Khofifah.

Tidak hanya di bidang keberhasilan menurunkan kemiskinan, namun PKH juga mendapatkan pengakuan bersih dari segi penyalurannya.

Apresiasi itu diberikan oleh Kemenkeu atas laporan keuangan PKH yang berkualitas sehingga mendapatkan award dan juga WPK (Wilayah Bebas Korupsi).

Khofifah mengatakan, program PKH ini juga akan diterapkan dan diintensifkan di Jawa Timur ke depan. "Ini karena angka kemiskinan di Indonesia paling tinggi di Jawa Timur. Kemiskinannya di pedesaan,dm dan kemiskinan di pedesnaan ini merata," kata Khofifah.

Oleh sebab itu, program kemiskinan akan menjadi salah satu prioritas dalam program Khofifah dan Emil ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini