Sukses

Gus Ipul dan Emil Kompak Nobar Gerhana Bulan di Masjid Al Akbar

Gus Ipul tiba lebih dulu di Masjid Al Akbar sekitar pukul 19.30 WIB dan langsung meneropong gerhana bulan total.

Liputan6.com, Surabaya - Dua nama calon yang akan maju di Pilkada Jatim 2018, bertemu dalam satu momen gerhana bulan total, Selasa malam. 

Calon Gubernur (Cagub) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Emil Elestianto Dardak, secara bergantian mencoba teropong untuk melihat gerhana bulan di halaman Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa tadi malam.

Mengenakan pakaian dan sarung putih, Gus Ipul tiba lebih dulu di Masjid Al Akbar sekitar pukul 19.30 WIB dan langsung menuju sebuah teropong yang telah disediakan Lembaga Fallakiyah PWNU Jawa Timur.

"Alhamdulillah kita bisa menyaksikan fenomena ini. Ini adalah kebesaran Allah yang harus kita syukuri," tutur Gus Ipul usai menyaksikan fenomena gerhana bulan.

Menurut Gus Ipul, melihat gerhana bulan juga merupakan fenomena alam yang menunjukkan betapa besarnya anugerah di alam ini.

"Gerhana bulan dibarengi salat gerhana, kita rukuk dua kali menunjukkan betapa kita ini kecil dan harus mengagungkan Allah," kata Gus Ipul.

Dalam kesempatan ini Gus Ipul juga menceritakan pengalamannya melihat keindahan gerhana bulan dengan menggunakan teropong yang ada di halaman Masjid Al Akbar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salat Gerhana

Lima menit kemudian, Emil Dardak didampingi istri, Arumi Bachsin, menyusul tiba di lokasi. Kedatangan Emil dan Arumi lantas disadari Gus Ipul. Ia menyudahi aktivitas meneropongnya, lalu menyalami Emil dan menyapa Arumi.

"Monggo, silakan," ujar Gus Ipul.

Secara bergiliran, Emil lantas menempelkan mata kanannya ke pangkal teropong.

"Saya terima kasih diberi kesempatan sekaligus mengikuti salat gerhana bulan di sini. Kebetulan waktunya cocok," kata Emil usai melihat gerhana bulan melalui teropong khusus itu.

Arumi juga diberi kesempatan melihat langsung proses gerhana bulan melalui teleskop itu.

"Itu bulannya sudah kelihatan, bulannya bagus," ujar Arumi.

Ketiganya kemudian masuk ke dalam masjid. Emil Dardak dan Gus Ipul ikut salat berjemaah Gerhana Bulan.

Bertindak sebagai Imam salat adalah KH Abdul Hamid Abdullah yang merupakan Imam besar masjid Al Akbar, kemudian khotib salat adalah Dr Abd Salam Nawawi yang merupakan pakar ilmu falak UIN Sunan Ampel.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.