Sukses

Cagub Sumsel Kunjungi Makam Raja Sriwijaya Jelang Pilkada

Aswari Rivai mendatangi makam Raja Sriwijaya Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) karena terinspirasi sosok kepemimpinan SMB.

Liputan6.com, Palembang - Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Selatan (Sumsel) Aswari Rivai mengunjungi kompleks pemakaman Raja Sriwijaya, jelang menghadapi pertarungan Pilkada Sumsel mendatang.

Kompleks pemakaman Raja Sriwijaya yang dinamakan Makam Kawan Tengkurep ini berlokasi di Jalan Belabak, Kelurahan 2 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Palembang, Sumsel.

Di kompleks pemakaman ini, dimakamkan pemimpin pertama Kerajaan Sriwijaya yaitu Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) I.

Aswari yang juga merupakan Bupati Kabupaten Lahat ini mengunjungi makam SMB I Palembang pada hari Jumat (27/1/2018) pagi.

Kedatangan Cagub Pilkada Sumsel berziarah ke makam SMB I yaitu untuk mengenak sosok pemimpin yang menjadi panutannya.

“Raja Sriwijaya mampu mensejahterakan rakyatnya dengan sikap yang baik dan bijaksana Semangat itulah yang ingin saya tiru untuk melayani warga Sumsel nantinya,” ujarnya kepada Liputan6.com, Sabtu, 27 Januari 2018.

“Semoga masyarakat Sumsel bisa mempercayai saya dan wakil saya, Muhammad Irwansyah, untk mengembang amanah memimpin bumi Sriwijaya kedepannya,” kata peserta Pilkada Sumsel ini.

Sosok SMB di mata Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel ini, yaitu pemimpin yang gigih dalam menangani permasalahan perdagangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berpisah Dari Istri

Terutama perdagangan jalur laut sepanjang Sungai Musi, sehingga rakyatnya bisa makmur.

Dirinya juga ingin mencontoh cara kepemimpinan SMB I dalam memajukan perekonomian dan mensejahterakan rakyatnya.

“Sultan merupakan pejuang rakyatnya, terutama di jalur perdagangan. Semoga ke depan, sikap gigih SMB I bisa menular ke saya dalam memimpin daerah ini,” katanya.

Kedatangan Aswari Rivai ke Makam Kawah Tengkurep ini juga didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pemuda Panca Marga (PPM) Palembang, Saharuddin Arsyad.

Jelang Pilkada Sumsel 2018 ini, kesibukan Aswari Rivai sangat padat. Bahkan, dirinya harus berpisah dari sang istri, Rukmi Sismartianti Aswari.

Salah satu kesibukannya yaitu jadwal pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Ada sampai 10 hari berturut-turut saya tidak bertemu dengan istri, sangat rindu pastinya. Tapi ini demi mempersiapkan untuk memimpin Sumsel," ungkapnya.

 

 

3 dari 3 halaman

Bertemu Guru SD

Dia mengharap para paslon Pilkada Serentak di Sumsel, bisa mengadapi pemilihan ini tanpa adanya gesekan.

"Semuanya sudah ada garisan tangan, ikhtiar pun harus tetap dilakukan. Jadi jangan sampai ada gesekan antar sesama calon," katanya.

Sebelumnya, Aswari Rivai juga melakukan silaturahmi dengan para guru dan teman sekolahnya saat mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Dasar (SD) Santo Yosep Lahat.

Salah satu momen mengharukan ketika Aswari Rivai bertemu dengan Mistam (69), salah satu gurunya di SD Santo Yosep Lahat.

Di mata sang guru, sosok Bupati Lahat ini sejak dulu selalu ramah dan tidak memilih mau bergaul dengan siapa saja.

“Aswari orangnya mudah bergaul, mulai dari anak seusaianya sampai orang tua. Bahkan tukang kebun saja diajaknya bercerita. Dia juga menghormati gurunya dan anaknya memang kreatif dan punya sifat kepemimpinan dari dulu,” ungkap Mistam.

Paslon ini mendapat 15 kursi dari partai politik (parpol) pengusungnya yaitu Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini