Cagub-Cawagub Sumsel Akan Tiru OK OCE Anies-Sandi

Oleh Nefri Inge pada 21 Jan 2018, 17:53 WIB
Diperbarui 21 Jan 2018, 17:53 WIB
Cagub-Cawagub Sumsel Akan Tiru OK OCE Jakarta
Perbesar
Sandiaga Uno mendukung Aswari Rivai-Irwansyah menerapkan program OK OCE Kito di Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Liputan6.com, Palembang - Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Selatan (Sumsel) Aswari Rivai-Irwansyah, akan meniru program DKI Jakarta yaitu One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE)

Pasangan calon (paslon) Pilkada Sumsel 2018 ini tertarik menjalankan program Anies Baswedan-Sandiaga Uno, jika nanti bisa memimpin Sumsel.

Rencana mengadopsi program OK OCE Jakarta diutarakan Aswari Rivai saat bertemu dengan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Sandiaga Uno di Jakarta, Minggu, 21 Januari 2018.

Dirinya bersama wakilnya sengaja bertandang ke Jakarta dan menemui Sandiaga Uno. Mereka merancang beberapa program unggulan DKI Jakarta yang bisa dterapkan di Sumsel.

Bahkan Sandiaga Uno secara langsung meluncurkan OK OCE Kito, seusai makan pempek bersama di salah satu restoran di Jakarta.

“Kami banyak meminta kiat-kiat dari Sandiaga Uno, apa yang bagus untuk Sumsel ke depannya. Beliau banyak memberi masukan, salah satunya program OK OCE yang bisa diterapkan di Sumsel,” ujar Aswari kepada Liputan6.com.

Program unggulan Anies-Sandi ini akan diberi nama OK OCE Kito. Kendati namanya sedikit berbeda, namun Bupati Lahat ini menjamin program ini akan bertujuan sama dengan Jakarta, yaitu memperbaiki ekonomi masyarakat kecil.

 

 

 

2 dari 3 halaman

Tekan Angka Pengangguran

Cagub-Cawagub Sumsel Akan Tiru OK OCE Jakarta
Perbesar
Paslon Pilkada Sumsel ini mengobrol dengan Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno sambil makan pempek Palembang di Jakarta (Liputan6.com / Nefri Inge)

Aswari Rivai yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sumsel mengakui, program ini jadi solusi untuk mengurangi jumlah pengangguran, serta menciptakan lapangan kerja di Sumsel.

Nantinya, OK OCE Kito bisa diterapkan semua kecamatan di 17 Kabupaten/Kota se-Sumsel.

Dirinya juga berharap program ini dapat menjangkau berbagai kalangan. Mulai dari pengusaha kelas bawah, Unit Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan pengusaha besar.

“Ke depannya para pelaku usaha dapat bersaing dan mampu membuka lapangan kerja baru di Sumsel,” ujar Aswari.

Menurut dia, OK OCE Kito bisa menumbuhkan minat jiwa wirausaha kepada masyarakat, terutama yang selama ini memiliki hambatan modal.

Peserta OK OCE Kito juga akan mendapatkan pendampingan dari tenaga ahli, untuk bisa mengembangkan usaha berkelanjutan.

“Nanti mereka akan mendapatkan pelatihan skill, membangun usaha, membuat business plan, latihan marketing, pengelolaan, laporan keuangan, pendampingan untuk mengakses modal dan jaringan,” ungkap Aswari.

3 dari 3 halaman

Mirip Anies Baswedan

Cagub-Cawagub Sumsel Akan Tiru OK OCE Jakarta
Perbesar
Aswari Rivai-Irwansyah diusung Partai Gerindra dan PKS maju Pilkada Sumsel (Liputan6.com / Nefri Inge)

Aswari Rivai sangat optimistis jika program ini akan menciptakan motivasi baru dan para pelaku usaha bisa belajar dari program OK OCE Kito.

“Kita akan coba jika dipercaya menjadi pemimpin Sumsel, mudah-mudahan ini bermanfaat untuk masyarakat Sumsel,” katanya.

Kendati program ini masih rancangan, namun mereka akan memetakan terlebih dahulu apa saja kebutuhan di masing-masing daerah di Sumsel.

Cawagub Sumsel Irwansyah juga dilihat Aswari Rivai, sebagai sosok yang bisa mengimbangi dirinya untuk menyukseskan program OK OCE Kito dan program lainnya saat memimpin Sumsel nanti.

Irwansyah mendapat julukan baru dari para pendukungnya. Sosok mantan Bupati Pangkal Pinang, Bangka Belitung ini dinilai mirip dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Banyak yang bilang, sosoknya mirip seperti Gubernur Anies Baswedan. Irwansyah juga berpengalaman dalam memimpin daerah, berjiwa muda dan penuh semangat optimistis. Jadi diharapkan bisa sesukses di Jakarta, seperti kepemimpinan Anies-Sandi,” ujarnya.

Irwansyah mengungkapkan bahwa program OK OCE Kito mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Sandiaga Uno. Bahkan Wagub DKI Jakarta ini mengajak OK OCE Jakarta dan OK OCE Kito bersinergi.

“Akan kami coba nanti di Sumsel, semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat Sumsel,” ucapnya.

Lanjutkan Membaca ↓