Sukses

2 Pasang Cagub Pilkada Jatim Jalani Tes Kesehatan Hari Kedua

Pemeriksaan kesehatan peserta Pilkada Jatim 2018 pada hari ini diperkirakan membutuhkan waktu cukup lama, yakni sekitar 10-12 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Dua pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Pilkada Jawa Timur 2018 Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak menjalani pemeriksaan kesehatan hari kedua di RSUD dr Soetomo, Surabaya.

"Pemeriksaan terdiri dari tes medis, tes narkotika dan tes psikologi," ujar koordinator tim medis pemeriksaan pasangan kandidat RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi, di Surabaya, Jumat (12/1/2018).

Menurut Joni Wahyuhadi, pemeriksaan kesehatan peserta Pilkada Jatim 2018 pada hari ini diperkirakan membutuhkan waktu cukup lama, yakni sekitar 10-12 jam atau tergantung dari kelancaran tes karena harus diteliti secara menyeluruh. Demikian dilansir dari Antara.

Sementara itu, berdasarkan catatan yang dihimpun dari tim medis, alur pemeriksaan para kandidat, yakni diawali dari puasa sejak pukul 20.00 WIB atau satu malam sebelum hari pemeriksaan.

Tahapan pemeriksaan diawali minum air paling banyak dua gelas, kemudian kandidat calon di Pilkada 2018 diminta ke meja registrasi untuk diberikan penjelasan pemeriksaan serta pemasangan gelang biru untuk laki-laki dan pink untuk perempuan.

Berikutnya dilakukan pengambilan darah, ganti baju dan sandal sekaligus mengisi data riwayat kesehatan, selanjutnya adalah pengambilan urine, masing-masing 25 cc untuk urine lengkap dan 25 cc untuk Badan Narkotika Nasional (BNN).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tes Radiologi

Setelah itu, para kandidat menjalani pemeriksaan radiologi yang meliputi USG Abdomen, USG Transvaginal (khusus perempuan) serta foto Thorax PA.

Usai tes radiologi, para kandidat dipersilakan makan pagi atau minum air gula yang sudah disiapkan. Berikutnya adalah GDA 2 jam PP berupa pengambilan darah dua jam setelah makan pagi yang dilanjutkan dengan pemeriksaan spesialis.

Pada tahapan ini dilakukan tes di poli interna, poli THT (tes audiometri), poli mata (opthalmoscape dan refracting), poli urologi, poli bedah umum, poli ortopedi, poli neuro atau saraf, poli gigi dan mulut, poli paru (spirometri), poli jantung (echocardiologi dan USG carotis), ditambah poli obgyn khusus perempuan.

Tahapan selanjutnya adalah EKG dan treadmill yang diakhiri tes psikologi berupa tes tulis dan tes wawancara untuk mengukur karakter seorang kandidat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.