Sukses

4 Paslon Pilkada Jabar Jalani Tes Kesehatan Selama 9 Jam

Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan di Gedung Paviliun Parahyangan RSUP Hasan Sadikin.

Liputan6.com, Bandung - Empat pasang bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat menjalani tes kesehatan di RSUP Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat. Mereka menjalani pemeriksaan selama sejak pukul 07.00 WIB hingga sekitar pukul 17.30 WIB.

"Pemeriksaan hari ini menurut kami cukup berat, pemeriksaan berlangsung mulai 7 pagi selesai 5.30 sore. Hampir 9 jam lebih. Dari sini kita bersyukur bahwa cagub cawagub punya fisik dan mental yang cukup tangguh," kata Plt Direktur RSUP Hasan Sadikin, Nuki Nur Samsi, Kamis (11/1/2018).

Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan di Gedung Paviliun Parahyangan RSUP Hasan Sadikin. Pemeriksaan paslon Pilkada Jabar ini meliputi tes kesehatan jasmani, psikologi dan terkait bebas narkoba.

Sementara Ketua IDI Jabar, Eka Mulyana menuturkan, pihaknya akan menggelar rapat pleno pada 15 Januari nanti.

"Kami akan menyusun hasil laporan secara keseluruhan. Rencana akan diumumkan KPUD Jabar tanggal 16 Januari. Hasilnya akan diumumkan KPUD Jabar," jelas Eka.

Ketua tim pemeriksaan kesehatan, Erwan Martanto menerangkan, pemeriksaan kesehatan pada Pilkada Jabar secara umum tak berbeda dibanding penyelenggaraan pilkada sebelumnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Perubahan Pemeriksaan

"Kalau dulu dilakukan di RSUD, sekarang ini sesuai peraturan KPU untuk Pilkada tingkat provinsi maupun kota dan kabupaten yang ditunjuk adalah rumah sakit pemerintab tipe A," papar dia.

Secara teknis medis, kata Eka, tidak terlalu banyak perubahan. Kecuali tambahan dari BNN dan Himpunan Masyarakat Psikologi (Himsi).

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.