Sukses

PDIP Pilih Ahmad Basarah Jadi Cawagub Gus Ipul di Pilkada Jatim?

Ahmad Basarah mengaku siap maju di Pilkada Jawa Timur 2018 menggantikan Azwar Anas.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengisyaratkan bakal memilih Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah sebagai calon Wakil Gubernur Jatim, menggantikan Abdullah Azwar Anas.

PDIP menyebut, Ahmad Basarah merupakan sosok yang dapat berkerja sama dengan Gus Ipul.

"Kuncinya kan tentu saja restu dan doa kiai Jawa Timur. Dan bisa bekerja sama dengan Gus Ipul, kemudian berhubungan dengan Cak Imin. Dengan Cak Imin teman berjuang zaman mahasiswa," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kanto DPP PDIP Jakarta, Selasa (9/1/2018).

"Sosok muda doktor di bidang Pancasila. Saya senang saja punya teman di Jawa Timur nanti," Hasto melanjutkan.

Selain Basarah, Hasto menyebut nama Bupati Ngawi Budi Sulistyono dan Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Utari. Keduanya, kata Hasto, memiliki peluang sama menjadi cawagub Gus Ipul di Pilkada Jatim 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siap Maju Pilkada Jatim

Dikonfirmasi, Ahmad Basarah mengaku siap maju dalam Pilkada Jawa Timur 2018. Menurut dia, sebagai petugas partai, dia tidak boleh menolak jika ditugaskan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

"Ketika Ibu Mega (Megawati) menugaskan, tidak elok rasanya kita menolak dan menawar-nawar," jelas dia.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto mengatakan, hingga kini belum ada nama calon wakil gubernur pendamping Gus Ipul di Pilkada Jatim.

 

3 dari 3 halaman

Kriteria Pendamping Gus Ipul

Namun, ia memberikan kriteria-kriteria ideal yang harus dimiliki oleh sosok yang akan mendampingi Gus Ipul nanti. Di antaranya harus bisa bekerja sama dengan baik, memiliki ikatan emosi dan sudah saling mengenal.

"Memiliki kinerja yang tidak kalah dengan Bapak Azwar Anas dan juga sebagai tokoh yang dapat dukungan dari rakyat, mampu membawa perubahan, membangun harapan, serta mereka yang bergerak dengan keyakinan politik," ucap Hasto di kediaman Megawati, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 8 Januari 2018.

Dia mengatakan, calon pendamping Gus Ipul di Pilkada Jatim 2018b nantinya bisa berasal dari latar belakang mana pun. Namun tetap kader PDIP, untuk tetap mempertahankan fungsi kaderisasi kepemimpinan di tubuh partainya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.