Demokrat-PDIP Berkoalisi Usung Ganjar Pranowo di Pilkada Jateng

Oleh Putu Merta Surya Putra pada 07 Jan 2018, 17:51 WIB
Diperbarui 09 Jan 2018, 15:13 WIB
Wajah Semringah Enam Pasangan Cagub dan Cawagub Usungan PDIP

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengumumkan 17 pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada 2018. Salah satunya adalah pasangan calon pada Pilkada Jawa Tengah 2018.

"Di Jawa Tengah, kami mengusung calon Gubernur Ganjar Pranowo, kemudian wakil Gubernurnya Taj Yasin Maimoen. Ini berkoalisi dengan PDIP dan PPP," ujar SBY di kantor DPP Demokrat, Jakarta, Minggu (7/1/2018).

Selain Jawa Tengah, ada 16 pasangan cagub dan cawagub yang diusung Demokrat pada Pilkada 2018. Yaitu Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Di wilayah tengah yakni Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur. Kemudian disusul Sulawesi Selatan serta Sulawesi Tenggara. Sedangkan wilayah timur ada Pilkada Maluku, Papua, dan Maluku Utara.

2 of 2

Komunikasi Kiai

PDIP Umumkan Lima Pasangan Cagub Dan Wagub Pilkada Serentak 2018
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan surat mandat kepada pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus sebagai bakal calon wakil gubernur di Pilkada Sumatera Utara 2018, Jakarta, Minggu (7/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mengaku sudah berkomunikasi dengan KH Said Aqil Siradj, dengan KH Maimoen Zubair, atau Mbah Maimoen, serta para kiai soal pasangan Ganjar-Yasin.

"Saya juga berkomunikasi dengan Ketua Umum PKB, Cak Imin, dan Ketua Umum PPP Gus Romi," kata dia.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, sebenarnya nama-nama calon cubernur dan wakil gubernur untuk seluruh daerah yang akan menggelar Pilkada sudah dikerucutkan saat rapat di kantor DPP PDIP pada Jumat 5 Januari 2018.

"Inilah yang kami dialogkan dengan partai-partai lain, tetapi prinsipnya nama-nama sudah disetujui tinggal diumumkan besok. Dan termasuk yang lain-lain," terang Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓