Sebelum Mencoblos, Anies Ziarah ke Makam Tokoh Masyarakat

Oleh Rezki Apriliya Iskandar pada 19 Apr 2017, 06:56 WIB
Anies Baswedan

Liputan6.com, Jakarta - Di hari pencoblosan Pilkada DKI Jakarta, calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengawali kegiatan paginya dengan salat Subuh berjemaah.

Anies berangkat dari kediamannya di Jalan Lebak Bulus II Dalam No 42, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, menuju Masjid Baitunnur, tak jauh dari kediamannya. Anies tampak mengenakan baju koko lengan panjang putih, celana panjang cokelat tua, dan peci hitam.

Usai salat Subuh, Anies memberikan sambutan di hadapan jemaah masjid.

"Hari ini kita di Jakarta dihadapkan situasi yang sama. Kita luruskan niat ini dan semoga apa yang kita kerjakan akan mengantarkan Jakarta kepada kedamaian yang diridhoi Allah," ucap Anies.

"Dan semua yang terlibat dijauhkan dari segala macam fitnah, didekatkan dengan sikap amanah, didekatkan dengan sifat istikamah, dan dimudahkan dalam menunaikan semua rencananya," lanjut Anies.

Usai salat berjemaah, Anies lanjut berziarah ke sebuah makam yang berada di halaman belakang masjid. Itu adalah makam keluarga besar Haji Jaya bin Haji Saimun, salah satu tokoh masyarakat di Lebak Bulus.

"Alhamdulillah hari ini kita mulai dengan salat Subuh berjemaah di Masjid Baitunnur, dekat tempat kita tinggal bersama jamaah masjid sini. Sesudah itu kumpul dengan teman-teman, banyak yang menginap di rumah," ujar Anies.

"Tadi juga ziarah ke makam pendiri kampung di sini, sesepuh kampung di sini. Bapak Haji Jaya. Diteruskan silaturahmi dengan tetangga sampai siap-siap nanti," lanjut dia.

Anies mengaku tidak ada persiapan khusus sebelum mencoblos nanti. Temasuk soal menu sarapan khusus dari sang istri, Fery Farhati Ganis.

"Nggak ada (masakan khusus dari istri). Kita ngopi pagi aja. Makanan nggak ada yang khusus. Mungkin cari makan aja nanti," kata Anies.

"Tadi malam langsung tidur, pas udah di kasur. Saya tidur jam sekitar setengah dua. Banyak jemaah kumpul di rumah. Kemudian teman-teman aktivis zaman kampus juga datang. Teman-teman kuliah juga banyak sekali. Pengajian juga sampai jam 12 malam. Jadi banyak yang nginep di rumah," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Anies dan keluarganya berencana datang ke TPS sekitar pukul 08.30 WIB, yaitu di TPS 28, Jalan Haji Nasiin Lebak Bulus II, RT. 06/ RW. 04, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan.

"Sekitar jam setengah sembilan. Nanti kita cocokkin. Kita di rumah yang terdaftar di sini ada tiga, saya, istri dan anak satu," kata Anies.

Dia mengaku sangat tenang menghadapi hari pencoblosan ini. "Alhamdulillah 3 C. Cool, calm, confidence. Tenang, sejuk, dan insyaallah percaya diri," ujar Anies.

 

*Ikuti Quick Count Pilkada DKI Jakarta dari tiga lembaga survei di Liputan6.com pada Rabu 19 April 2017.