Sukses

KPU Jateng Persilakan Pendukung Kotak Kosong Gugat ke MK

Pilkada Kabupaten Pati hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Haryanto Saiful Arifin. Pemenangnya, adalah kotak kosong.

Liputan6.com, Semarang - Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo mempersilakan para pendukung kotak kosong dalam Pilkada Kabupaten Pati untuk mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak puas dengan hasil pemilihan kepala daerah tersebut.

"Sebenarnya, legal standing-nya tidak ada," kata Joko di Semarang, seperti dikutip dari Antara, Jumat (17/2/2017).

Meski demikian, ia sudah menyampaikan ke KPU Pati untuk mempersilakan jika akan ada yang mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilu ke MK.

"Masyarakat yang tidak puas silakan coba saja, biar MK yang memutuskan," tambah Joko.

Pilkada Kabupaten Pati hanya diikuti satu pasangan calon, yakni Haryanto Saiful Arifin. Dari hasil real count yang dilakukan KPU Pati, pasangan tunggal itu sementara meraih 74,52 persen suara.

Perhitungan tersebut didasarkan atas pemindaian salinan formulir C1 dari 2.295 TPS. Saat ini, kata Joko, proses penghitungan suara sudah dilaksanakan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Tujuh daerah di Jawa Tengah yang telah menggelar Pilkada serentak pada 15 Februari 2017 itu adalah Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.