Sukses

Kapolri: Pilkada Serentak di 101 Wilayah Aman Terkendali

Pilkada serentak di Banten mendapat atensi lebih Kapolri lantaran hasil versi quick count beda suara sangat tipis.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan pelaksanaan Pilkada Serentak di 101 wilayah di Indonesia berjalan aman dan damai.

"Sampai hari ini tidak ada insiden berarti. Jakarta pun yang jadi konsentrasi kita, juga aman. Aceh hingga Papua Barat, semua aman terkendali," tutur Tito, saat berkunjung ke Mapolres Metro Tangerang, Kamis (16/2/2017).

Pilkada serentak di Banten mendapat atensi lebih dari Tito, karena hasil hitung menunjukkan perbedaan suara yang sangat tipis. Pihaknya juga akan terus fokus menjaga situasi hingga hasil real count keluar.

"Di Banten perbedaan suara cukup tipis, tapi tidak ada insiden. Hasil quick count ini jadi indikasi untuk menjaga agar pemilu tetap berjalan secara objektif, karena yang menentukan itu real count. Jadi surat suara dari TPS, PPK sampai ke KPU akan dikawal," kata dia.

Tito mengatakan, wilayah Tangerang memiliki ciri khas dari sudut pandang administrasi keamanan. Ada sebagian masuk wilayah Polda Metro Jaya dan Polda Banten serta Kodam Jaya dan Korem.

"Karena itu, perlu ada koordinasi kewilayahan untuk antisipasi kerawanan saat penghitungan suara, sehingga berjalan lancar, jujur, adil dan objektif," katanya.

Tito menilai, Pilkada serentak yang di antaranya berlangsung di Banten sudah berjalan dengan baik seperti daerah lainnya. Ini menunjukkan masyarakat Banten telah dewasa dalam berdemokrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini