Sukses

Polda Jateng Perintahkan Anggotanya Netral Saat Amankan Pilkada

Polisi mengangkat kotak suara karena kapal tidak bisa merapat langsung ke daratan untuk mengirim logistik pilkada ke Karimunjawa.

Liputan6.com, Semarang - Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono memerintahkan anggota Polri di seluruh jajarannya menjaga netralitas dan tidak ikut politik praktis dalam pilkada 2017. Personel yang mendapat tugas pengamanan diharapkan menjalankan tugas dengan baik dalam pengamanan kotak dan surat suara.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Djarod Padakova, menegaskan, sesuai arahan dari kapolda, personel yang diturunkan harus menjaga pengamanan pelaksanaan pilkada dengan baik.

"Polisi juga diminta untuk menjaga netralitas dan tidak ikut dalam politik praktis," tegas dia, Selasa 14 Februari 2017.

Djarot mengatakan, Kapolda Jateng bersama Ketua KPU sama Bawaslu Provinsi mengadakan video conference pada 6 kabupaten dan 1 kota, untuk mengecek kesiapan seluruh jajaran baik KPU maupun Bawaslu Daerah maupun anggota tentang kesiapan pilkada.

Di Jawa Tengah, terdapat tujuh daerah kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada ini, antara lain Brebes, Cilacap, Banjarnegara, Batang, Jepara, Pati, dan Salatiga.

"Kapolda juga menekankan seluruh anggota sudah harus melekat pada seluruh kotak maupun surat suara berada. Untuk menjaga sampai ke tempat TPS, penghitungan sampai di bawa kembali dari, TPS, PPS sampai ke KPUD," kata dia.

Sebanyak 5.439 personel Satuan Wilayah (Satwil) dikerahkan untuk pengamanan pilkada ini. Ribuan personel tersebut di antaranya terdiri dari 4.762 personel polres dan kota dan back up dari Polda Jateng sebanyak 678 personel.

"Itu untuk Jawa Tengah, dan di-back up dari rekan kita TNI sebanyak 1.253 personel. Personel sudah action di lapangan. Ini kan sudah tahap minggu tenang, polisi membantu panitia pemilu, menurunkan gambar-gambar kampanye," ujar dia.

Sementara itu, pelaksanaan pilkada serentak 2017, membuat Polda Jateng harus kerja keras. Sebab, keberadaan satu kecamatan yakni Karimunjawa yang berupa gugusan kepulauan di Kabupaten Jepara, membuat mereka harus mengarungi lautan untuk mengirim logistik untuk pemungutan suara pilkada yang digelar hari ini, Rabu (15/2/2017).

Polisi mengangkat kotak suara karena kapal tidak bisa merapat langsung ke daratan.

Sementara itu, di Polres Grobogan, ratusan personel kepolisian dikirim ke Kabupaten Pati. "Kita kirim 1 peleton angota bergabung ke Polres Pati untuk mengamankan pilkada di Kabupaten Pati," ujar Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning, Selasa 14 Februari 2017.

Tidak hanya pasukan yang digabungkan dengan Polres Pati, pasukan juga dikirim ke perbatasan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Pati.

"Ada juga pasukan kita siagakan di perbatasan untuk mengantisipasi keamanan di daerah Sukolilo dan sekitar kawasan Gunung Kendeng," kata Agusman.

 

 

* Saksikan quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 pada 15 Februari 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini