Sukses

Prediksi LSI Denny JA Bila Pilkada Jakarta 2 Putaran

Ahok diprediksi kalah bila harus bertarung baik dengan Agus atau dengan Anies.

Liputan6.com, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mensurvei kemungkinan Pilkada DKI Jakarta dilakukan dua putaran. Lantas, siapa yang akan berkontestasi di putaran kedua bila Pilkada dilakukan hari ini?

Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa mengatakan, pihaknya melakukan survei dengan metodologi kualitatif. Survei dikerucutkan pada kebutuhan warga Jakarta terhadap pemimpin baru. Survei dilakukan 3-8 Desember 2016 terhadap 440 responden dengan margin error 4,8 persen.

Hasil survei menunjukkan pasangan nomor 1 Agus-Silvi melonjak dan mengalahkan telak pasangan Ahok-Djarot. Pasangan Agus melonjak jadi 46,1 persen, sementara Ahok-Djarot 29,1 persen. Untuk mereka yang belum menentukan 24,8 persen.

"Selisih 15 persen lebih dan yang belum menentukan 24,8. Basuki akan game over di putaran kedua, dengan selisih 15 persen petahana jelas sulit mengejar," kata Ardian di Kantor LSI, Jl Pemuda, Jakarta Timur, Selasa (20/12/2016).

Kemungkinan lain adalah ketika dua pasangan Anies-Sandiaga dan Ahok-Djarot dipasangkan dalam putaran kedua Pilkada Jakarta. Hasil survei, kata Ardian, menunjukkan ketertinggalan pasangan nomor urut dua, yaitu 45,3 persen untuk Anies-Sandi dan 27,6 persen untuk Ahok Djarot.

"Siapapun lawan Ahok bisa menang telak," kata Ardian.

Lalu, bagaimana bila pasangan Agus bertemu dengan Anies-Sandi di putaran kedua Pilkada. Survei versi LSI Denny JA menyebutkan Agus menang di angka 36,0 persen dan Anies di angka 30,5 persen.

"Agus akan lebih sengit ketemu Anies dibanding keduanya lawan Ahok," kata Ardian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini