Sukses

Anies Baswedan: Repot Saya Selalu Dicurigai Ingin Jadi Presiden

Mantan Menteri Pendidikan ini pun terkejut dengan kecurigaan kedua partai itu

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengakui jika dirinya kerap dicurigai ingin mencalonkan diri sebagai calon presiden pada Pilpres 2019. Kecurigaan itu juga muncul dari dua partai pendukungnya di Pilkada DKI, yaitu PKS dan Gerindra.

"Jadi ada ketakutan itu, apakah nanti saya juga akan nyapres di 2019, seperti kejadian sebelumnya," kata Anies di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (9/11/2016) siang.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pun terkejut dengan kecurigaan kedua partai itu.

"Saya jawab, kan saya bukan kader partai mana-mana. Kalau saya akan nyapres, ya apakah partai ini mau mencalonkan saya? Repot saya selalu dicurigai ingin jadi presiden. Makanya saya balikin pertanyaannya, apakah partai yang mengusung saya di Pilkada akan mengusung jadi Presiden," ujar Anies.

Anies juga mengatakan ada pihak yang menganggap dirinya bertingkah seperti presiden. "Ada yang bilang saya mresideni (bertingkah seolah presiden) sih, karena itu kena reshuffle," kata Anies.

Ia sendiri mengaku tak tahu apa alasan Presiden Jokowi mencopotnya.

"Saat Presiden menyampaikan bahwa saya dicukupkan tugasnya, saya tidak bertanya, karena itu bukan forum diskusi. Adab itu harus dijaga. Presiden pasti punya pertimbangan melakukannya," tandas Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017