Sukses

3 Janji Anies Baswedan-Sandiaga Uno untuk Warga DKI

Anies mengatakan, ada tiga program yang akan segera direalisasikan jika terpilih menjadi Gubernur DKI.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan visi-misinya jika terpilih memimpin Ibu Kota di hadapan warga dan relawan Jakarta Pilih Anies Sandi (Jakpas) di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Anies mengatakan, untuk jangka pendek ada tiga program yang akan segera direalisasikan bersama dengan calon wakil gubernurnya, Sandiaga Uno. Pertama, perluasan ketersediaan lapangan pekerjaan. Menurut dia, masalah itu merupakan salah satu aspek krusial yang dialami oleh warga Ibu Kota.

"Kita ingin konsentrasi pada warganya. Masalah penyediaan lapangan kerja. Saya dan Mas Sandi menempatkan jadi satu soal itu. Kita akan bagi tugas setelah nanti terpilih dan konsentrasi pertamanya adalah lapangan kerja," tutur Anies di Sekretariat Jakpas, Jalan Bekasi Timur IX Nomor 17, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (30/9/2016).

Untuk itu, dia menargetkan adanya banyak pelatihan yang dapat diikuti oleh warga Jakarta. "Kursus pelatihan kerja akan digalakkan. Agar warga dapat berkarya dalam ekonomi kita," jelas dia.

Kedua, pengendalian harga bahan pokok dan pangan di Jakarta. Bersama dengan masyarakat DKI, dia akan bekerja sama menekan harga sehingga kalangan menengah ke bawah lega dan tidak khawatir akan pemenuhan aspek pangan keluarganya.

"Kebutuhan pokok yang harganya terjangkau," kata Anies.

Ketiga, soal kemiskinan. Dengan dua rancangan sebelumnya, faktor kemiskinan akan ditekan bersama dengan partisipasi masyarakat Jakarta di bidang perekonomian.

"Kita ingin mengembalikan Jakarta sebagai kota bersejarah. Ini Jatinegara, di sana Cililitan, Salemba, Senen. Itu urat nadi perekonomian selama 200 tahun. Tanda bekasnya enggak ada. Karena kita tidak memikirkan itu sebagai bagian dari masa lalu yang ditempatkan. Kita akan kembalikan itu," beber dia.

"Di tempat ini, sejarah, catatan, bukti, enggak ada. Kita akan kembalikan itu. Caranya Jakarta harus kembali menjadi kota yang menjunjung tinggi kebudayaannya," Anies melanjutkan.

Selain itu, Anies tidak melupakan berbagai program baik yang sudah dicanangkan oleh pemerintah terdahulu. Untuk itu, dia akan berusaha melanjutkan dan memaksimalkan hal tersebut.

"Ada agenda yang bertahun-tahun muncul ke permukaan. Macet, banjir. Pemda DKI sudah punya program. Masalahnya belum jalan optimal. Ide kami untuk itu menjalankan yang belum berjalan, bukan membuat yang baru. Pelaksanaannya saja yang belum optimal," Anies menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini