Sukses

Ini Rangkaian Tes Kesehatan Para Petarung Pilkada DKI 2017

Tes kesehatan ini menjadi syarat untuk mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Para calon pasangan petarung Pilkada DKI 2017 menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. Mereka akan melewati sejumlah rangkaian tes oleh sekitar 80 dokter yang sudah bersiap sejak pagi.

Kepala RSAL Mintohardjo Kolonel Laut Wiweka MARS mengatakan tes akan diawali dengan penjelasan protokol pemeriksaan oleh ketua tim. Kemudian dilanjut dengan penandatanganan persetujuan pemeriksaan kesehatan.

"Nanti pemeriksaan narkoba dan HIV, persetujuan diserahkan ke KPU, menyerahkan berkas data riwayat kesehatan dan obat yang sedang digunakan," tutur Wiweka dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (24/9/2016).

Menurut dia, pemeriksaan akan disusul dengan pengambilan sampel darah, pemeriksaan USG, dan pemeriksaan urine. Tidak ketinggalan para pasangan cagub-cawagub diminta untuk meminum cairan gula, MMPI, pengambilan darah seusai makan.

"Pemeriksaan kesehatan nanti sesuai urutan masing-masing poliklinik. Kemudian menerima surat keterangan telah pemeriksaan kesehatan," Wiweka menjelaskan.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DKI Jakarta sekaligus Penanggung Jawab Pemeriksaan Kesehatan, Budiarto menambahkan, pemeriksaan hanya akan dilakukan di dua tempat saja, yakni RSAL Mintohardjo dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Pemeriksaan di sini saja. Yang lain hanya BNN," ujar Budiarto di RSAL Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2016).

Rencananya, lanjut dia, tes akan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB sore. Hasil pun sudah dapat dikeluarkan pada malam nanti.

"Kalau sesuai schedule, setengah lima-an kelar. Tes psikologi besok tapi di sini juga ada," pungkas Budiarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.