Sukses

Gerindra Uji 3 Calon Pendamping Sandiaga di Pilgub DKI Hari Ini

Tiga nama yang akan diuji yaitu Sekda DKI Jakarta Saefullah, Bupati Batang Yoyok Sudibyo, dan Deputi Gubernur DKI Sylviana Murni

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPD DKI Jakarta Gerindra DKI Mohamad Taufik membenarkan kalau partainya akan melakukan uji kelayakan pendamping Calon Gubernur Sandiaga Uno yang telah diusungnya.

Ia menegaskan pengujian akan dilakukan malam ini. "Mulai malam ini, ada 3 orang Saefullah, Sylviana (Sylviana Murni), sama Yoyok (Yoyok Riyo Sudibyo)," ungkap Taufik kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Ia menjelaskan dalam uji kelayakan tersebut, yang terpenting adalah mencari pendamping layak bagi Sandiaga Uno untuk bersama-sama memimpin Ibukota. Ia pun enggan menyebutkan apa saja yang akan ditanya saat uji kelayakan.

"Harus ada satu nanti (pendamping Sandiaga), kita lihat mulai dari kinerjanya. Banyak hal lah (yang diuji)," ucap Taufik.

"Besok malam satu-satu, kalau enggak Saefullah atau Sylviana. (Yang menguji) pimpinan partai, termasuk dari koalisi kekeluargaan," jelas dia.

Taufik sebelumnya menyebut, Gerindra telah memastikan dukungannya untuk duet Sandiaga Uno dan Sekda DKI Saefullah dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

"(Fix) Sandi-Saefullah untuk Jakarta beradab. Mantap sudah pasti jadi," ujar Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta, 18 agustus 2016.

Namun belakangan, keputusan itu berubah. Gerindra berencana melakukan uji kelayakan terhadap 3 bakal calon Wagub yang sebelumnya telah diseleksi melalui internal partai tersebut.

Ketiganya yaitu Saefullah, Bupati Batang Yoyok Sudibyo, dan Deputi Gubernur DKI Bidang Budaya dan Pariwisata Sylviana Murni.

Diuji 3 Partai

Sementara Ketua Tim Penjaringan Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta Gerindra Syarif mengatakan uji kelayakan seharusnya dimulai pada Rabu, 31 Agustus 2016 kemarin.

"Mestinya hari ini, tapi Sekda (Saefullah) jadi saksi di Tipikor, tertunda dijadwal ulang. Secara bergantian, seharusnya malam ini Saeful," ungkap Syarif di Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Ia menjelaskan sosok yang dicari adalah yang mampu dan bisa mendamping Sandiaga memimpin Ibukota.

Dia menyebut ketiga orang yang akan diuji merupakan sosok yang mempunyai pengalaman yang baik dalam memimpin birokrasi.

"Pengalaman di birokrasi, leadership. Dan yang bisa melengkapi Sandi (Sandiaga Uno), gitu aja," ujar dia.

Untuk masalah tempat, Syarif belum menyebut pasti uji kelayakan akan dilakukan di mana. Dan yang menguji ada juga anggota dari koalisi kekeluargaan.

"Nanti dikasi tau tempatnya, lagi dicari yang lebih dekat enggak macet, nanti dikabarilah. (Yang menguji) tim, dari partai-partai juga. 3 sampai 4 (partai) di DPW yaitu Demokrat, Gerindra, PKB, dan PKS," jelas Syarif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.