Sukses

Ini Sumpah dan Janji 7 Kepala Daerah yang Dilantik Jokowi

Para kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2015 tersebut juga berjanji memenuhi tugas dan memimpin dengan jujur serta adil.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi melantik 7 gubernur dan wakil gubernur hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Istana Negara, Jakarta. Prosesi pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin langsung Jokowi. ‎

Dengan didampingi oleh para rohaniawan, pada Jumat, (12/2/2016), 7 kepala daerah tersebut mengikuti lafadz sumpah yang dibacakan oleh Jokowi. ‎ "‎Apakah Anda bersedia diambil sumpah?" ucap Jokowi. ‎

"Bersedia," jawab 7 Kepala daerah tersebut, yang didampingi seorang rohaniwan muslim.

Dalam sumpahnya, para kepala daerah tersebut ‎menyatakan siap menjalankan tugas sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, sebagai pejabat tinggi negara, bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian.

"Demi Allah/ Tuhan saya bersumpah bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa dia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," ucap para kepala daerah tersebut secara serentak. 

‎Para kepala daerah tersebut juga berjanji memenuhi tugas-tugasnya sebagai kepala daerah dan memimpin dengan kejujuran dan seadil-adilnya.

Setelah prosesi pembacaan sumpah dan pelantikan selesai dilakukan, selanjutnya Jokowi dan 7 kepala daerah tersebut  menandatangani berita acara yang disaksikan para tamu yang hadir. Satu persatu, gubernur dan wakil gubernur yang telah disumpah menandatangani berita acara ditandatangani Jokowi.

Setelah penandatanganan berita acara, Jokowi kemudian menyampaikan amanat dan arahan kepada para gubernur dan wakil gubernur tersebut. Dalam arahannya, Jokowi meminta agar para kepala daerah tersebut peka terhadap berbagai persoalan yang terjadi di daerahnya. ‎

Setelah menyampaikan amanatnya Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, para pejabat, dan tamu yang hadir selanjutnya secara bergantian memberikan ucapan selamat.

Upacara pelantikan kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2015 yang dimulai pada pukul 14.30 WIB itu juga dihadiri para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, Kepala BIN Sutiyoso, para pimpinan DPR, DPD, dan MPR. Sementara itu, Ketua umum partai politik yang hadir di antaranya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali Aburizal Bakrie, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan politikus PPP Romahurmuziy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini