Sukses

Quick Count Pilkada Malang, Rendra-Sanusi Unggul Sementara

Pasangan Rendra-Kresna mengaku bersyukur atas hasil tersebut.

Liputan6.com, Malang - Hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menyebut pasangan petahana, Rendra Kresna–M Sanusi unggul sementara dalam Pilkada Kabupaten Malang, Jawa Timur. Tingkat partisipasi pemilih berdasarkan hasil quick count LSI hanya 57,63% dengan margin of error sebesar 1 persen.

Pasangan calon Rendra Kresna–M Sanusi yang diusung Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, Partai Nasdem, dan Partai Gerindra ini meraih 52% suara. Pasangan Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi yang diusung PDI Perjuangan mendapat 44,02%. Serta pasangan independen Nurcholis-M Mufidz mendapat 3.98%.

Pasangan Rendra-Kresna mengaku bersyukur atas hasil tersebut. Pihaknya meminta seluruh tim pemenangannya untuk mengawal hasil pilkada.

"Tapi kita tak ingin terburu merayakan hasil survei tersebut tapi tetap harus dikawal bersama. Saya bersyukur atas hasil ini, apalagi Pilkada Kabupaten Malang berjalan lancar," kata Rendra di Malang, Rabu (9/12/2015).

Rendra yang juga menjabat Bupati Malang periode 2010–2015 awalnya memprediksi perolehan suaranya lebih besar sekitar 60%. Namun, rendahnya partisipasi pemilih diduga menjadi salah satu penyebab ia hanya menang tipis atas pesaingnya.

"Kalau presentasi pemilih lebih tinggi, pasti hasil perolehan suara juga lebih tinggi. Mungkin banyak masyarakat yang tak menggunakan hak pilihnya karena kesibukannya," tandas Rendra.

Jumlah pemilih pilkada yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Malang sebanyak 2.051.279 orang. Mereka tersebar di 33 kecamatan dan menggunakan hak pilihnya di 3.672 tempat pemungutan suara (TPS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini