Sukses

Pemkot Tangsel Terapkan Teknologi "Sisumaker"

Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (Sisumaker) memudahkan SKPD mendisposisikan surat masuk dan keluar serta instruksi lain.

Liputan6.com, Jakarta Dalam rangka mewujudkan program kota cerdas atau Smart City dan meningkatkan produktivitas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) semakin serius menerapkan sistem teknologi yang memanfaatkan smartphone dan jaringan internet.

Penerapan teknologi yang dilakukan Pemkot Tangsel baru-baru ini berhubungan dengan keperluan disposisi surat masuk dan keluar yakni Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (Sisumaker).

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkot Tangsel, H. Sukanta mengatakan Sisumaker ini sangat bermanfaat untuk pendisposisian surat masuk dan keluar secara elektonik dimanapun berada. 

"Kegunaan sistem ini dapat menggunakan Smartphone dan fasilitas lain yang tentunya dengan jaringan internet. Jadi, dimana kita berada dapat mendisposisikan surat maupun intruksi terkait surat masuk dan keluar," ujar Sukanta.

Sebelum penerapan sistem Sisumaker, Dishubkominfo bersama Badan Pelayanan Izin Terbaru (BPT2) terlebih dahulu mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) selama dua tahap untuk menjelaskan seluk-beluk tentang Sisumaker.

BPT2 digandeng Dishubkominfo karena telah sukses menerapkan Sisumaker selama dua tahun lebih. Selain pihak BPT2, Kepala Seksi Pengembangan TIK dan Sistem Pelaporan, Asep dan tim  juga hadir sebagai narasumber. Adapun peserta bimtek berasal dari kelurahan, Puskesmas, dan seluruh SKPD Kota Tangsel.

(Adv/GR)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.