Sukses

Media Diminta Kawal Pilkada Serentak

Menurut Hazairin, dengan pemberitaan yang jelas dan berimbang, peran media menjadi penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan demokrasi.

Liputan6.com, Jambi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi menyatakan, peran media sangat penting dalam proses demokrasi, khususnya pada pilkada serentak 2015. Untuk itu, media diminta ikut mengawasi pesta rakyat tersebut.

"Media adalah pilar demokrasi, akan ada banyak tahapan dalam proses pilkada serentak. Kami sangat berharap peran serta masyarakat, termasuk media memberikan pemberitaan yang jelas dan berimbang akan pilkada serentak," ujar Komisioner KPU Kota Jambi Hazairin, di Jambi, Selasa (10/11/2015).

Menurut Hazairin, KPU Kota Jambi belum lama ini menggelar forum diskusi khusus bersama sejumlah perwakilan media, baik nasional maupun lokal. Kegiatan ini bertujuan mensinkronisasikan pemahaman kerja sama, dalam mengawal pelaksanaan pilkada serentak di Jambi pada 9 Desember 2015.

"Media harus mengacu pada Undang-Undang Pers, sebagai rujukan dalam mengawal proses pelaksanaan Pilkada serentak," kata dia.


Dia mengatakan, dengan pemberitaan yang jelas dan berimbang, peran media menjadi penting dalam upaya mencerdaskan kehidupan demokrasi bangsa. Di mana masyarakat atau pemilih, akan lebih tahu dan mengerti bagaimana demokrasi atau memilih calon yang baik dengan membaca, mendengar atau melihat siaran media.

"Dengan adanya peran media diharapkan juga, bisa ikut mendorong terciptanya demokrasi yang bersih dan jujur," pungkas Hazairin.

Pilkada serentak 2015 di Jambi akan digelar di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Muarojambi, Batanghari, Bungo, dan Kota Sungaipenuh. (Rmn/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.