Sukses

Hasto: 2 Kali Menang Pemilu Berturut-turut, PDIP Akan Jadi Perkakas Rakyat

PDIP meraih 129 kursi untuk duduk di parlemen periode 2019-2024.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi untuk Pemilihan Legislatif 2019. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) didapuk menjadi pemenang Pileg dengan raihan 19,33 persen.

Ini menjadi catatan baru bagi sejarah politik Indonesia. Sebab, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menjadi partai pertama yang menang dua kali di era reformasi.

Meski demikian, tak ada perayaan yang berlebihan dilakukan oleh partai berlambang banteng bermoncong putih itu. PDIP hanya mengucapkan rasa terimakasih kepada masyarakat Indonesia.

"Kami juga ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan kepada PDI Perjuangan, sehingga kembali untuk dua kali berturut-turut menjadi partai pemenang Pemilu. Kami berjanji bawa DPP dan Fraksi PDI Perjuangan akan menjadi alat dan perkakasnya rakyat Indonesia, untuk mencapai tujuan bernegara sebagai mana amanat Pembukaan UUD 1945," ucap Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (21/5/2019).

PDIP juga mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. PDIP berharap, Jokowi-Ma'ruf dapat menjalankan amanah dan kekuasaan dengan baik dan merealisasikan apa yang sudah dijanjikan dan diharapkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

"PDI Perjuangan juga menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada seluruh jajaran partai koalisi pasangan Joko Widodo-Kiai Ma'ruf Amin, kepada seluruh Tim Kampanye Nasional dan Daerah, Saksi-saksi di TPS dan kepada seluruh Relawan yang telah berjuang, berkorban dan bahu membahu dalam memenangkan Pemilu 2019," ungkap Hasto.

Hal senada juga disampaikan oleh Wasekjen PDIP Ahmad Basarah, yang menempatkan bukan hanya Jokowi-Ma'ruf, serta partainya saja yang diberikan kepercayaan oleh rakyat. Tetapi banyak kader termasuk dirinya diberikan amanah untuk kembali ke DPR RI.

Total dari KPU, PDIP meraih 129 kursi untuk duduk di parlemen periode 2019-2024. Basarah pun mengucapkan mengucapkan terima kasih atas semua partisipasi dan dukungan kepada PDIP selama proses kampanye.

"Ucapan terima kasih yang tidak terhingga juga kami sampaikan kepada segenap masyarakat Malang Raya yang telah menjatuhkan pilihannya kepada Jokowi-Amin serta PDIP dan saya pribadi," jelas Basarah.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Hanya di DPR

Hasto juga menyampaikan, bukan hanya di DPR saja PDIP mengukir sejarah baru. Dari DPRD saja, juga memenangkan di 17 Provinsi.

"Dan yang membuat sejarah untuk pertama kalinya, di Jawa Timur dapat dimenangkan oleh PDI Perjuangan. Dan Di provinsi Jambi untuk DPRD dimenangkan," kata Hasto.

Karena itu, masih kata dia, total sekarang ada 17 Ketua DPRD di provinsi yang dimenangkan oleh partai yang didominasi dengan warna merah ini.

"Dengan demikian, PDI Perjuangan memiliki 17 Ketua DPRD provinsi di seluruh Indonesia," pungkasnya.

 

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.