Sukses

Hari Ini, KPU Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara 4 Provinsi

Baru 8 provinsi yang telah menyelesaikan rekapitulasi 100 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilu nasional pada Senin (13/5/2019).

Ada empat provinsi yang akan dihitung suaranya pada rapat pleno kali ini. Empat provinsi tersebut adalah Sulawesi Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Timur.

"Ada empat provinsi, satu panel mulai jam 10.00 WIB," ujar Ketua KPU RI Arief Budiman seperti dilansir dari Antara, Senin (13/5/2019).

Selain empat provinsi tersebut, Arief mengatakan, KPU sudah memperoleh konfirmasi dari KPU Lampung dan Jawa Timur, tetapi perwakilan dua KPU provinsi tersebut baru tiba di Jakarta pada Senin sore.

Untuk itu, apabila Senin malam masih terdapat waktu, maka akan dilakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional Lampung dan Jawa Timur. Namun, jika tidak memungkinkan rekapitulasi dua provinsi itu akan digelar pada Selasa (14/5/2019).

Hingga Minggu 12 Mei 2019 malam, provinsi yang telah menyelesaikan rekapitulasi 100 persen adalah Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Bengkulu, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Unggul di 6 Provinsi

Pasangan calon Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di enam provinsi, yakni Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo dan Kalimantan Barat.

Sementara Prabowo-Sandiaga unggul di Bengkulu dan Kalimantan Selatan.

Ada pun proses penghitungan suara manual hasil pemilu presiden 2019 dilakukan secara berjenjang, mulai di tingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada 17-18 April, tingkat kecamatan pada 18 April-5 Mei, tingkat kabupaten/kota pada 20 April-8 Mei, dan tingkat provinsi pada 22 April hingga 13 Mei 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.