Hari Ini, KPU Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara 4 Provinsi

Oleh Liputan6.com pada 13 Mei 2019, 07:02 WIB
Caleg Berstatus Mantan Terpidana Korupsi

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilu nasional pada Senin (13/5/2019).

Ada empat provinsi yang akan dihitung suaranya pada rapat pleno kali ini. Empat provinsi tersebut adalah Sulawesi Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Timur.

"Ada empat provinsi, satu panel mulai jam 10.00 WIB," ujar Ketua KPU RI Arief Budiman seperti dilansir dari Antara, Senin (13/5/2019).

Selain empat provinsi tersebut, Arief mengatakan, KPU sudah memperoleh konfirmasi dari KPU Lampung dan Jawa Timur, tetapi perwakilan dua KPU provinsi tersebut baru tiba di Jakarta pada Senin sore.

Untuk itu, apabila Senin malam masih terdapat waktu, maka akan dilakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara nasional Lampung dan Jawa Timur. Namun, jika tidak memungkinkan rekapitulasi dua provinsi itu akan digelar pada Selasa (14/5/2019).

Hingga Minggu 12 Mei 2019 malam, provinsi yang telah menyelesaikan rekapitulasi 100 persen adalah Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Bengkulu, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.

 

2 of 3

Jokowi Unggul di 6 Provinsi

Intip Rekapitulasi Surat Suara di Kecamatan Menteng
Petugas melakukan perhitungan rekapitulasi surat suara di Kecamatan Menteng, Jakarta, Kamis (25/4). Hingga hari ini proses rekapitulasi suara di kecamatan Menteng telah merampungkan 55 persen dari total 246 di Kecamatan Menteng. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pasangan calon Jokowi-Ma'ruf Amin unggul di enam provinsi, yakni Bali, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Gorontalo dan Kalimantan Barat.

Sementara Prabowo-Sandiaga unggul di Bengkulu dan Kalimantan Selatan.

Ada pun proses penghitungan suara manual hasil pemilu presiden 2019 dilakukan secara berjenjang, mulai di tingkat kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) pada 17-18 April, tingkat kecamatan pada 18 April-5 Mei, tingkat kabupaten/kota pada 20 April-8 Mei, dan tingkat provinsi pada 22 April hingga 13 Mei 2019.

3 of 3

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓