Sukses

26 PPLN Hadiri Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu Luar Negeri Hari Ini

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan, nantinya dalam rapat rekapitulasi, para PPLN akan membacakan suara yang ada di wilayah pemungutan suara.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan rapat pleno rekapitulasi pelaksanaan pemilu 2019 di luar negeri. Ada 26 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) yang hari ini akan membacakan hasil rekapitulasi mereka.

"Hari ini 26 PPLN," ujar Komisioner Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari, Sabtu (4/5/2019).

Berdasarkan surat undangan yang diberikan KPU, ada 26 PPLN yang dijadwalkan hadir pada rapat pleno rekapitulasi hari ini yaitu Sarajevo, Pyong Yang, Lima, Tashkent, Cape Town, Bucharest, Tunis, Lisabon, Karachi, Praha, Hanoi, Yangon, Rabat, New Delhi, Dakar, Helsinki, Wina.

Selanjutnya Moskow, Khartoum, Bandar Seri Begawan, Taipei, Kuwait, Melbourne, Singapura, Perth, dan Tokyo.

Sebagaimana rekapitulasi, komisioner KPU ini menjelaskan, nantinya dalam rapat rekapitulasi para PPLN akan membacakan suara yang ada di wilayah pemungutan suara.

"Merekap ya itu mengumpulkan hasil penghitungan berjenjang dari bawah ke atas," ujarnya.

Sementara itu, rapat rekapitulasi luar negeri dilakukan selama lima hari, dimulai sejak Sabtu hingga Rabu, dan setiap rekapitulasi, KPU menjadwalkan 26 PPLN.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.