Cerita Keluarga Sebelum Petugas Penjaga TPS di Ngawi Gugur

Oleh Raden Trimutia Hatta pada 25 Apr 2019, 11:46 WIB

Fokus, Ngawi - Somodikin, petugas Linmas di Ngawi, Jawa Timur, yang meninggal dunia akibat kelelahan mengawal kotak suara pemilu 2019. Menurut keluarga, pria berusia 70 tahun tersebut bertugas menjaga kotak suara di Kecamatan Kwadungan, Ngawi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (25/4/2019), saat itu, Somodikin mengeluh sakit dan minta izin pulang ke rumah. Oleh keluarga, warga Desa Purwosari tersebut dibawa ke rumah sakit.

Duka mendalam juga dirasakan keluarga Riko Sulistyo Putra. Pasalnya, istri Riko bernama Dita Ningtyas yang merupakan petugas KPPS Kwadungan, Ngawi, keguguran karena terlalu lelah saat menjalankan tugas pemungutan suara 17 April lalu.

Saat itu, Dita merasa kram di bagian perut. Pendarahan terjadi saat Dita telah sampai di rumah. Oleh keluarga, Dita dibawa ke rumah sakit.

Berdasarkan data KPU, penyelenggara pemilu 2019 yang meninggal dunia dan sakit jumlahnya terus bertambah. Saat ini, KPU masih berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk membahas santunan yang akan diberikan kepada korban dan keluarga.

Di Gunung Sitoli, Sumatera Utara, seorang petugas panwas meninggal dunia akibat kelelahan. Petugas bernama Agustriman sempat dilarikan ke rumah sakit. Tiga hari dirawat, petugas panwas yang juga mahasiswa tersebut meninggal dunia. (Rio Audhitama Sihombing)