PSU di Kota Tangerang Selatan, Kesehatan Petugas TPS Diperiksa

Oleh Pramita Tristiawati pada 24 Apr 2019, 22:58 WIB
KPPS Jalani Tes Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Puluhan petugas tempat pemungutan suara (TPS) yang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diperiksa kesehatannya. Hal tersebut dilakukan Pemkot setempat agar petugas TPS terpantau sehat dan bugar.

Tenaga kesehatan pun didatangkan dari Puskesmas terdekat TPS, mereka membawa alat tensi darah dan obat-obatan atau vitamin. Bidan Sri Rahayu, yang melakukan pemeriksaan mengaku belum mendapati petugas KPPS dan keamanan yang telah diperiksa, mengalami gangguan kesehatan serius.

"Kami baru memeriksa tekanan darah, dari yang kami periksa masih bagus, tekanan darahnya normal," kata dia, Rabu (24/4/2019).

Pada PSU kali ini disiagakan satu tenaga para medis dan satu mobil ambulanns yang menunggu di Kelurahan Pondok Ranji.

"Kalau memerlukan penanganan medis bagi petugas KPPS maupun keamanan TNI, Polri, kami panggil ambulans untuk penanganan tindak lanjut," kata dia.

Sementara, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengapresiasi kinerja Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan, dalam pemungutan suara ulang (PSU) di dua TPS yakni di TPS 49 Kelurahan Rengas dan 71 di Kelurahan Cempaka Putih.

2 of 3

Pemilih Menurun

Dua TPS di Kota Tangerang Selatan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).
Dua TPS di Kota Tangerang Selatan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).(Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Pelaksanaan PSU di dua TPS di Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengalami penurunan pemilih. Hal tersebut dikarenakan pencoblosan ulang tersebut dilaksanakan pada hari kerja.

"Ya, karena ini jam dan hari kerja, kami akui ini tugas berat," tutur Komisioner KPU Tangsel, Muhammad Taufik, Rabu (24/4/2019).

Meski begitu, Taufik mengaku, pada H-4 sebelum pencoblosan ulang dilakukan, formulir C6 sudah didistribusikan kepada DPT setempat. Sehingga masyarakat bisa datang ke TPS pada hari ini.

Penurunan tersebut antara lain TPS 49 yang berada di Rengas Ciputat, seharusnya memiliki jumlah DPT 235 yang datang hanya 181 orang. Jumlah tersebut termasuk Daftar Pemilih Khusus sebanyak 5 orang dan Daftar Pemilih Tambahan sebanyak 5 orang.

Sementara di TPS 71 yang berada di Cempaka Putih, Ciputat, memiliki DPT 285 pada pelaksanaan PSU hanya 212 orang. Termasuk 6 orang Daftar Pemilih Khusus dan 4 Pemilih Tambahan.

"Sehingga penurunan jumlah DPT di TPS 49 berjumlah 61 orang dan TPS 71 penurunan berjumlah 56 orang," kata Taufik.

3 of 3

Saksikan video pilihan di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by