Sudah Meninggal Dunia, Caleg Asal Jember Ini Masih Jadi Pendulang Suara Terbanyak

Oleh Dian Kurniawan pada 24 Apr 2019, 05:05 WIB
Sudah Meninggal Dunia, Caleg Asal Jember Ini Masih Jadi Pendulang Suara Terbanyak

Liputan6.com, Jember - Perhelatan pesta demokrasi pada Rabu 17 April 2019 di Kabupaten Jember Jawa Timur, diwarnai kejutan. Pasalnya calon anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Daerah pemilihan (Dapil) Jember - Lumajang, yang sudah meninggal dunia, Miftahul Ulum, mendulang suara yang sangat signifikan di semua TPS di Kabupaten Jember. Bahkan almarhum, yang juga mantan Ketua DPC PKB Jember, mendapatkan suara terbanyak.

Menurut salah seorang saksi PKB Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember, Muhammad Lefan, perolehan suara pria yang biasa dipanggil Cak Ulum ini, pada setiap TPS, di kecamatan Ledokombo selalu tinggi, melebihi suara caleg lainnya.

"Setiap TPS perolehan Cak Ulum di atas 100 suara, bahkan ada yang di atas 200 suara," ujar ketua PAC GP Ansor Kecamatan Ledokombo ini, Selasa (23/4/2019).

"Saya tidak tahu persis, mengapa suara caleg PKB nomor urut 1 ini bisa memperoleh suara yang signifikan. Padahal orang yang mereka pilih, sudah tiada," katanya.

Ada kemungkinan, lanjut Muhamad, pemilih tidak mengetahui bahwa yang bersangkutan sudah meninggal dunia. Tapi ada yang tahu, tapi tetap memilih Cak Ulum, karena mengenal pribadi baik Cak Ulum.

"Raganya sudah meninggal dunia, namun semangat dan kebaikan cak Ulum, masih hidup diantara kader PKB Jember," ucapnya.

Sementara PLH ketua DPC PKB Kabupaten Jember, HM Syaiful Bahri Ansori, saat dikonfirmasi membenarkan perolehan suara Miftahul Ulum tersebut.

Dia menjelaskan, yang bersangkutan meninggal dunia, saat namanya sudah masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) PKB Provinsi Jawa Timur. Sehingga posisi nomor urut, yang bersangkutan tidak bisa digantikan dengan calon yang lain.

"Karena itu, namanya tetap tercatat dalam daftar caleg DPRD Provinsi Jawa Timur," tutur pria yang biasa disapa SBA ini.

2 of 2

Dikenal Baik

Dia menjelaskan, masyarakat masih tetap mengapresiasi Cak Ulum, yang dikenal baik kepada semua orang dan dekat dengan kyai dan ulama. Sehingga meski beliau sudah meninggal dunia, warga Nahdiyin tetap memilihnya.

Meski demikian, SBA belum bisa menyampaikan hasil perolehan suara cak Ulum di kabupaten Jember, karena rekapitulasi hasil surat suara di ditingkat kecamatan masih berlangsung.

Pantauan liputan6.com, hingga Selasa siang (23/4/2019), baru ada 17 kecamatan dari 31 kecamatan yang menyelesaikan rekapitulasi hasil surat suara. Perolehan mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur periode 2014-2019 ini setiap kecamatan, selalu diatas 1.000 suara.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait