Hary Tanoe: Capaian Jokowi-Ma'ruf Kemenangan Seluruh Rakyat Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 17 Apr 2019, 23:39 WIB
Capres Joko Widodo duduk bersama sejumlah ketum Parpol koalisinya. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin berhasil mengungguli rivalnya, Prabowo-Ma’ruf Amin.

Terkait hal itu, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo mengaku bersyukur atas perolehan suara tersebut. Menurut Hary, kemenngan Jokowi bukan hanya untuk para pendukung capres nomor urut 01 itu, namun juga seluruh rakyat Indonesia.

"Ini kemenangan kita bersama. Tujuannya semua sama, bagaimana kita membangun Indonesia menjadi Indonesia yang maju dan semua unsur tentunya perlu bersinergi, bersatu padu untuk memajukan Indonesia," kata Hary Tanoe di Djakarta Theater, Rabu (17/4/2019). 

Kepada seluruh pihak, Hary Tanoe mengimbau untuk bersatu demi kebaikan bangsa. Dia meminta adanya perbedaan pilihan dalam Pemilu, tidak sampai mempengaruhi hubungan persatuan dan persaudaraan di masyarakat.

"Kita perlu menjaga persatuan dan kesatuan, kalau ingin maju kita perlu bersinergi, bersatu, bergandengan tangan, saling mengisi untuk memajukan bangsa dan negara yang kita cintai. Jangan kita terpecah-pecah," tuturnya.

Hary Tanoe juga mengapresiasi kinerja TNI dan Polri, yang dinilai telah bekerja keras menjaga keamanan dan kenyamanan Pemilu 2019.

“TNI-Polri membuat Pemilu berjalan dengan lancar, damai. Kita perlu bersyukur juga, partisipasi masyarakat sangat luar biasa. Saya rasa, partisipasi pemilih Pemilu ini jauh lebih besar daripada tahun 2014,” tutur dia.

Hary pun optimistis kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin dapat mewujudkan dan membawa Indonesia menjadi negara maju.

"Saya rasa memang itu tujuan Pak Jokowi, memajukan Indonesia. Tentunya, nanti akan melibatkan semua pihak yang punya kompetensi untuk bersatu-padu bergandengan tangan memajukan bangsa yang kita cintai ini," katanya.

 

 

2 of 3

Unggul Versi Hitung Cepat

Keakraban Jokowi dan Prabowo Usai Debat Kedua Pilpres
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman usai debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Proses quick count atau hitung cepat Pilpres 2019 menuju titik final. Berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), hasil quick count dapat diumumkan mulai pukul 15.00 WIB.

Hasil quick count Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada pukul 20.40 WIB, total suara masuk 93,57 persen, dengan rincian sebagai berikut:

 Nomor Urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin: 54,87 Persen

Nomor Urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno: 45,13 Persen

Quick count SMRC menggunakan populasi seluruh pemilih yang datang ke TPS dan memilih secara sah (seluruh suara sah) yang tersebar di seluruh TPS nasional (809,497 TPS). Sampel dipilih dengan metode Stratified Systematic Cluster Random Sampling.

Margin of Error (moe) quick count diperkirakan ± 0,47% pada tingkat kepercayaan 95%. Quick count SMRC ini dapat menyimpulkan hasil bila selisih antara dua calon lebih dari 0,94% (yakni lebih dari 2 kali moe).

3 of 3

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait