Sukses

Usai Nyoblos Pemilu 2019, WNI di Rumania dan Moldova Santap Nasi Uduk dan Ayam Rica

KBRI di Bucharest memastikan penyelenggaraan Pemilu 2019 bagi WNI yang tinggal di Rumania dan Republik Moldova berlangsung secara jujur, adil, bebas dan rahasia.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di Rumania dan Republik Moldova menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019, yang digelar pada Sabtu, 13 April 2019 di Bucharest.

Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Bucharest menyelenggarakan Pemilu bagi WNI yang tinggal di Rumania dan Republik Moldova sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Tanggal 13 April dipilih karena jatuh pada hari Sabtu di mana banyak WNI yang rata-rata bekerja dari Senin-Jumat sedang libur," ucap Sekretaris Kedua Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Bucharest, Regia Mutiara Rozuah dalam keterangan tertulisnya.

Jumlah pemilih WNI di Rumania dan Republik Moldova tercatat 141 orang dengan menggunakan metode pengiriman lewat pos atau memilih langsung di TPS 01 Bucharest.

"Pada hari Sabtu, dijadwalkan 84 WNI di Rumania dan Republik Moldova melakukan pemungutan suara secara langsung di TPS 01 Bucharest di lobi gedung KBRI Bucharest," kata dia.

Sementara itu, 57 WNI lainnya yang berada di luar kota Bucharest menggunakan hak suaranya di Pemilu 2019 melalui pos dan surat suara mereka telah dikirimkan oleh PPLN Bucharest sejak akhir Maret 2019.

"Dari 57 WNI yang menggunakan hak suara melalui pos, PPLN Bucharest telah menerima dan masih menunggu beberapa surat suara kembali sampai dengan17 April 2019," kata dia.

Regia mengatakan, seluruh surat suara baru akan dibuka dan disaksikan warga pada tanggal penghitungan suara yakni 17 April 2019 jam 10.00 waktu Bucharest, menunggu selesainya pemungutan suara di Indonesia.

PPLN Bucharest bertanggung jawab melaksanakan Pemilu 2019 untuk Rumania dan Republik Moldova yang merupakan wilayah akreditasi KBRI Bucharest.

"Setelah menggunakan hak suaranya, para WNI menikmati sajian menu spesial pesta demokrasi yang disiapkan oleh KBRI Bucharest yakni nasi uduk dan ayam bumbu rica," kata Regia Mutiara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berlangsung Jujur dan Adil

Sementara itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bucharest memastikan penyelenggaraan Pemilu 2019 bagi WNI yang tinggal di Rumania dan Republik Moldova berlangsung secara jujur, adil, bebas dan rahasia.

Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova M Amhar Azeth menjamin, seluruh jajaran KBRI Bucharest bekerja keras dan memastikan penyelenggaraan pemilu yang adil, jujur, bebas, dan rahasia. 

Salah satu upaya Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Bucharestadalah dengan memanfaatkan fasilitas siaran langsung atau live video pada beberapa media sosial KBRI Bucharest.

PPLN Bucharest mengunggah live video di akun Facebook PPLN Dhaka dan Instagram KBRI Dhaka untuk pembukaan TPS 01 Bucharest, dengan membuka segel kotak suara dan surat suara guna memastikan tidak ada satu pun surat suara yang telah tercoblos dalam Pemilu 2019 di Bucharest, Rumania.

Dubes RI Bucharest beserta istri telah menggunakan hak suaranya pada pagi hari pukul 09.30 waktu setempat di hari Pemungutan Suara di Bucharest.

KBRI Bucharest juga telah bekerja sama dengan otoritas setempat di antaranya Kementerian Luar Negeri Rumania dan Jandarmeria petugas keamanan setempat guna turut mengamankan jalannya pemungutan suara secara langsung di TPS 01 Bucharest.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.