Sukses

Anies: Pastikan Pemilu di DKI Jakarta Berjalan Baik dan Lancar

Anies menegaskan, 29 ribu tempat pemungutan suara (TPS) di DKI Jakarta adalah amanat yang dititipkan kepada Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan tiga pesan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2019 di wilayah Jakarta.

"Pertama, pastikan proses lancar dan baik. Kita yang berada di lapangan ini adalah orang-orang di belakang layar, tapi kalianlah yang dapat membuat proses lancar dan baik," ucap Anies saat apel siaga PPK dan PPS, Sekretariat PPK dan PPS, dan Relawan Demokrasi Pemilu Tahun 2019 se-Provinsi DKI Jakarta di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/4/2019).

Kedua, Anies menegaskan, 29 ribu tempat pemungutan suara (TPS) di DKI Jakarta adalah amanat yang dititipkan kepada Ibu Kota, sebagai barometer pesta demokrasi berjalan baik dan lancar.

"Jadi, pegang ini sebagai amanat, sampaikan ke yang di rumah, saya berangkat dengan harga diri tak bisa dikompromikan tunjukkan Jakarta jadi tempat penyelenggaraan berintegritas," tegas Anies.

Terakhir, Anies meminta kepada jajarannya untuk bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada para penyelenggara Pemilu, seperti KPU provinsi, dan Bawaslu agar semua bisa berjalan baik, aman, lancar.

"Saya minta seluruh jajaran, fasilitasi sebaiknya, jangan hanya urun angan, tapi turun tangan. Bantu teman-teman di garis depan, penuhi sebaiknya," kata Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Kondusif

Sebelumnya, saat apel pengamanan pemilu serentak bersama jajaran TNI, Polri, Pemprov se-wilayah Jakarta di Lapangan Monas, Jakarta Pusat pada Rabu 27 Februari 2019, Anies meminta agar seluruh pihak bekerja sama mengamankan Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019.

"3 unsur TNI Polri dan Pemprov akan terus kerja bahu-membahu memastikan bahwa persiapan pelaksanaan dan pasca-Pemilu Ibu kota tetap kondusif. Alhamdulillah sejauh ini berjalan dengan lancar," kata Anies.

Anies menyampaikan pentingnya menjaga keamanan Jakarta, khususnya selama pelaksanaan Pemilu 2019. Sebab sebagai Ibu Kota, apa saja yang terjadi di Jakarta akan berpengaruh di seluruh Indonesia.

"Saya garis bawahi pada saat apel bahwa suasana yang terbentuk di Jakarta akan mempengaruhi suasana di seluruh Indonesia," kata dia.

"Karena itu bagi kita semua yang mendapatkan tugas untuk mengamankan Jakarta ini adalah tugas yang sangat strategis dan sangat penting. Pandanglah ini sebagai sebuah penghormatan," tambah Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.