Masuk Masa Tenang, APK di Sepanjang Jalan dan JPO Dibersihkan Petugas

Masuk Masa Tenang, APK di Sepanjang Jalan dan JPO Dibersihkan Petugas

Satu per satu APK (Alat Peraga Kampanye) dari berbagai ukuran di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, dicopot petugas gabungan, Minggu dini hari.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (14/4/2019), para petugas dibagi dalam beberapa tim yang tersebar ke wilayah-wilayah di Jakarta Utara, seperti Koja, Kelapa Gading, Penjaringan, Pademangan, Cilincing, dan Tanjung Priok.

Pembersihan dan penurunan APK di wilayah Jakarta Utara akan dilakukan bertahap hingga 16 April mendatang. APK banyak terpasang di jembatan penyeberangan orang atau JPO.

Sementara, penertiban alat peraga kampanye juga dilakukan petugas gabungan di Kota Bekasi, Jawa Barat. Bukan hanya APK Pilpres, penertiban juga dilakukan terhadap atribut dan alat peraga kampanye calon legislatif (Caleg) di sepanjan jalan yang dilalui petugas.

Meski sudah mengerahkan ratusan personil gabungan, namun petugas mengalami kendala. Apalagi banyaknya baliho besar yang harus dicopot dengan alat yang terbatas seadanya.

Selain itu, memasuki masa tenang kampanye, Bawaslu Kota Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar melakukan penertiban seluruh APK capres cawapres dan caleg disepanjang jalan protokol di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu dini hari.

Penertiban yang berlangsung selama 2 jam itu dilakukan dengan menyusuri jalan-jalan untuk mencari peraga kampanye yang masih terpasang.

Sejumlah alat peraga kampanye yang terpasang di pohon di pinggir jalan ditertibkan petugas. Selain itu juga, stiker caleg, capres, dan cawapres yang menempel di tembok rumah warga juga dilepas.

Bawaslu juga bekerja sama dengan pihak Polri dan TNI untuk membantu pengamanan saat proses penertiban APK berlangsung.

Ringkasan

Oleh Muhammad Gustirha Yunas pada 14 April 2019, 08:22 WIB

Video Terkait

Spotlights