Sukses

Pemilu 2019 di Bulgaria Berjalan Lancar

Pemungutan suara Pemilu 2019 di Bulgaria dilakukan pada Sabtu 13 April kemarin.

Liputan6.com, London - Pemungutan suara Pemilu 2019 di Bulgaria dilakukan pada Sabtu 13 April kemarin. WNI di negara itu akan memilih Presiden dan Wakil Presiden RI serta wakil rakyat di DPR Dapil II Jakarta Selatan periode 2019-2024.

Puluhan WNI memilih datang langsung ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di KBRI Sofia untuk menggunakan suaranya.

Sekretaris pertama Pensosbud KBRI Sofia, Nurul Sofia mengatakan, tercatat 32 WNI dari 44 WNI terdaftar dalam DPT LN Sofia yang menggunakan hak pilihnya. "Pemilih datang langsung ke KBRI sejak pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat," kata dia seperti dilansir Antara.

5 WNI dalam Daftar Pemilih Tambahan (dari 10 DPTb) juga memberikan suara satu jam sebelum TPS ditutup.

Icha, salah satu WNI yang baru datang ke Sofia pada akhir Januari lalu, sangat senang bisa menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2019 dengan surat suara cadangan pada satu jam terakhir.

Indah, pemudi milenial yang baru pertama kali ikut pemilu, juga sangat antusias ikut serta dalam pesta demokrasi.

Zaenal sebagai Ketua PPLN Sofia mengaku sempat tidak bisa tidur jelang pemungutan suara Pemilu 2019. Namun, dia mengaku senang karena pada akhirmya pemungutan suara berjalan lancar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur Pos

Sementara WNI yang berada jauh dari Kota Sofia serta di dua negara akreditasi KBRI Sofia lainnya, yaitu Makedonia Utara dan Albania, telah menggunakan hak pilihnya melalui surat suara yang dikirimkan PPLN Sofia melalui jasa pos tercatat pada 20 Maret untuk tahap pertama, serta tahap kedua 1 April 2019.

Hingga Sabtu ini, untuk metode pos, telah diterima kembali 20 surat suara dari 29 daftar pemilih. Sisa surat suara melalui pos akan ditunggu hingga 17 April 2019 untuk dihitung bersama surat suara TPS di KBRI Sofia.

Pemilihan umum di KBRI Sofia berlangsung lancar, damai, di tengah suasana kekeluargaan.

Setelah menggunakan hak pilihnya, masyarakat Indonesia yang hadir melakukan swafoto dengan menggunakan frame khusus pemilu, serta menikmati lezatnya kuliner nusantara seperti onde-onde, mi goreng, pisang coklat, tahu goreng, martabak, dan bebek penyet. Acara ini juga merupakan silaturahmi pelepas rindu antara warga yang tinggal di Bulgaria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini