Sukses

Misbakhun Dorong Milenial di Probolinggo Buat Vlog Berkualitas

Misbakhun menambahkan, dengan vlog, pemikiran dan gagasan bisa tersalurkan, bahkan bisa mendatangkan ekonomi bagi para pemainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi XI DPR, Mukhamad Misbakhun menyatakan, perkembangan teknologi informasi telah melahirkan tantangan tersendiri bagi perekonomian. Namun, hal ini bisa dimanfaatkan untuk mendorong individu menjadi kreatif.

Salah satunya karena keberadaan video berbagi Youtube. Menurutnya, banyak orang yang mendadak terkenal dan kaya karena muncul ataupun menghadirkan konten menarik di laman berbagi video itu.

"Banyak artis atau penyanyi yang memiliki rekam jejak di media televisi ketika ingin terjun di Youtube mereka justru kalah dengan para pendatang baru," ujar Misbakhun melalui sebuah pernyataan tertulis, Selasa (9/4/2019).

Fenomena itulah yang mendorong Misbakhun untuk menggelar pelatihan 'Pemanfaatan Gadget dan Pembuatan Vlog di Kota Probolinggo, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Selama dua hari berturut-turut, ratusan milenial Kota Probolinggo mengikuti pelatihan yang digelar di Gedung Serbaguna Joyolelono itu.

Misbakhun mengaku, ingin mendorong konstituennya dari kalangan milenial untuk membuat video blog (vlog) dengan konten berkualitas. Apalagi, generasi saat ini sangat dekat dengan media sosial. Melalui medsos, kalangan milenial bisa mengaktualisasikan diri.

"Saya melihat potensi luar biasa yang ada pada generasi saat ini dalam pemanfaatan gadget, khususnya para milenial di Probolinggo," tutur dia.

Dia menambahkan, dengan vlog, pemikiran dan gagasan bisa tersalurkan, bahkan bisa mendatangkan ekonomi bagi para pemainnya.

"Apalagi saya lihat di Probolinggo banyak sekali komunitas vlogger yang memiliki bakat," kata Misbakhun.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Promosi Lewat Vlog

Sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Timur II yang meliputi Pasuruan dan Probolinggo, Misbakhun yakin milenial Probolinggo juga memiliki banyak ide menarik. Terlebih karena Probolinggo dan wilayah lainnya yang termasuk kawasan Tapal Kuda juga punya beragam hal untuk diangkat melalui vlog.

Kawasan tapal kuda antara lain Probolinggo, Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, Situbondo.

Ia lantas menyinggung kekuatan vlog untuk memperkenalkan sebuah lokasi, kuliner, ataupun produk lainnya. Misalnya saja, vlog unggahan Jokowi yang sangat dinanti banyak kalangan karena selalu ada efeknya.

"Saat ini salah satu vlog yang paling ditunggu banyak netizen adalah unggahan Pak Jokowi di media sosial. Dari isi konten baju seperti jaket bomber sampai motor yang digunakan beliau ada efeknya," jelasnya.

Karenanya, Misbakhun juga mendorong para vlogger Probolinggo untuk mampu membuat konten anti-hoaks dan menebar pesan positif. Sebab, kini medsos sering kali menjadi ajang caci maki.

"Karena yang menjadi musuh di sosial media adalah berita hoaks sehingga melahirkan ide-ide permusuhan. Seharusnya berbicara persaudaraan, merangkul, menghargai keberagaman," Misbakhun mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.