Sukses

Posisi Terancam, 4 Partai Ini Masih Berpeluang Lolos ke Parlemen

Seperti PSI misalnya, hasil survei Charta Politika menyebut elektabilitas partai tersebut di angka 2,2 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Charta Politika Indonesia merilis tingkat elektabilitas partai politik dalam Pemilu 2019. Hasilnya, sejumlah partai yang masih berada di bawah 4 persen seperti PSI, PAN, PPP, dan Perindo masih berpeluang ke DPR dan  lolos ambang batas parlemen 2019.

Direktur Riset Charta Politika Indonesi Muslimin menyampaikan, sesuai ketentuan memang sebuah partai hanya dapat lolos ke parlemen jika memenuhi syarat ambang batas atau parlementary threshold sebesar 4 persen.

Namun, hasil survei lembaga tersebut memiliki margin of error sebesar 2,19 persen dengan responden yang tidak menentukan pilihan sebesar 11,7 persen.

"Kalau dilihat (dari itu), empat partai ini punya kesempatan lolos," tutur Muslimin di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/4/2019).

Seperti PSI misalnya, hasil survei Charta Politika menyebut elektabilitas partai tersebut di angka 2,2 persen. Ketika hasil tersebut diakumulasikan dengan margin of error, ada perbedaan dengan tren kenaikan.

"Artinya kalau dari sisi margin of error, PSI kemudian bisa saja angkanya 4 persenan," jelas dia.

Termasuk juga faktor responden yang belum menentukan pilihan, keempat partai itu bisa menggunakan kesempatan yang ada untuk menggaet suara demi meningkatkan elektabilitas.

"Saya kira empat partai ini punya peluang lolos dengan catatan partai ini mampu mengambil sisa suara," Muslimin menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Teratas

PDIP sendiri menjadi partai pilihan tertinggi dengan 25,3 persen. Disusul Partai Gerindra sebesar 16,2 persen dan Partai Golkar 11,3 persen.

Kemudian PKB dengan 8,5 persen; Partai Demokrat dan Nasdem 5,2 persen; PKS 5,0 persen; PAN 3,3 persen; PPP 2,4 persen; PSI 2,2 persen; Partai Perindo 2,0 persen; dan Hanura 1,0 persen.

Survei tersebut diambil dengan kurun waktu 19 Maret sampai 25 Maret 2019 melalui tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Ada sebanyak 2 ribu responden yang tersebar di 34 provinsi menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,19 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.