Sukses

Adhyaksa Dault Desak KPU Hapus 17,5 Juta Pemilih dari DPT

Adhyaksa Dault meminta KPU segera menghapus 17,5 juta data invalid Daftar Pemilih Tetap (DPT) jika tidak bisa diselesaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Relawan Pengawal Pemilu Adhyaksa Dault, meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menghapus 17,5 juta data pemilih invalid dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) jika tidak bisa diselesaikan.

Hal tersebut disampaikan Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dalam diskusi 'DPT Bermasalah Ancaman Legitimasi Pilpres' yang di gelar di Sekretariat Nasional (Seknas) Prabowo-Sandi, Jalan Hos Cokroaminoto No 93, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2019).

"Kami meminta kepada KPU karena tinggal 15 hari lagi kapan deadline-nya. Tapi kami juga meminta untuk dihapus saja," ujar Adhyaksa.

Relawan Prabowo-Sandi tersebut ingin Pemilu serentak 2019 berjalan Jurdil dan Luber. Ia pun mendesak DPT bermasalah segera dihapus KPU supaya tak terjadi kecurangan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab

Menurut Adhyaksa, masalah DPT ini disebabkan kesalahan KPU yang hanya mengambil data pemilih muda dan data pemilih pensiunan dari Dukcapil.

"17,5 juta masih invalid karena KPU tidak mengambil data dari Dukcapil. Yang diambil hanya data usia muda dan pensiunan malah sisianya ngambil data lama. Kalau tidak bisa dihapus dalam dua tiga hari ini untuk segera dihapus saja," tandasnya.

Untuk diketahui, BPN mendorong KPU segera menyelesaikan 17 juta DPT yang masih bermasalah. Dari jumlah itu banyak nama nama pemilih yang ganda, tanggal lahir sama dan lain sebagainya. BPN khawatir masalah itu berpotensi kecurangan yang di manfaatkan untuk Pemilu Serentak pada 17 April 2019 mendatang.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.