KPU Lampung: Tiga Tahap Lagi, Persiapan Pemilu 2019 Capai 100 Persen

Oleh Liputan6.com pada 04 Mar 2019, 04:29 WIB
Diperbarui 04 Mar 2019, 14:01 WIB
KPU Perkenalkan Surat Suara Pemilu 2019

Liputan6.com, Bandarlampung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung telah menyelesaikan 90 persen persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

"Kita tinggal tiga tahap lagi untuk KPU Lampung mencapai persiapan 100 persen," kata Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono di Bandarlampung, Minggu (3/3/2019).

Nanang menjelaskan, tiga tahap yang sedang berjalan di antaranya penyelesaian pelipatan surat suara, rekrutmen kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), dan Bimtek.

"Yang terpenting sekarang ini melakukan penyelesain pelipatan surat suara, kemudian rekrutmen petugas KPPS, dan sosialisasi," kata dia.

Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Provinsi Lampung mencapai sebanyak 26.265 TPS. Pengiriman logistik juga di setiap kabupaten/kota telah diterima dan telah memasuki tahap pelipatan surat suara.

"Di luar surat suara kita sudah selesai semua tinggal dimasukkan ke kotak saja jika pelipatan surat suara selesai," kata dia seperti dilansir Antara.

2 of 2

Surat Suara Rusak

Pelipatan Surat Suara KPU Jakarta Pusat
Sejumlah pekerja menyelesaikan pelipatan surat suara Pemilihan Umum 2019 di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, Selasa (19/2). Nantinya surat suara itu akan didistribusikan sebelum penyelenggaraan Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nanang menambahkan sejauh ini yang ditemui masih ada kabupaten/kota yang menerima surat suara yang rusak.

Menyikapi hal itu, Nanang meminta kabupaten/kota membuat laporan terkait surat suara yang rusak dan akan dikirimkan untuk diganti.

"Ada yang ditemui surat suara rusak dan ada juga yang belum menemui karena masih dalam proses sortir melipat dan belum final. Setelah mendapatkan surat suara rusak mereka akan membuat laporan resmi dan akan dikirimkan keseluruhan untuk diganti," katanya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓