2 Hal Menarik Jelang Pemilu 2019, Jogetan Prabowo Hingga Tuhan Punya Hak Pilih

Oleh Devira Prastiwi pada 28 Feb 2019, 06:30 WIB
Peluk Hangat Jokowi - Prabowo Akhiri Debat Perdana Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta - Gelaran Pemilu 2019 sudah mulai menarik perhatian masyarakat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun menyelenggarakan beberapa kali debat calon presiden dan calon wakil presiden.

Debat jelang Pemilu 2019 itu dilakukan agar masyarakat dapat mengetahui visi misi dari dua pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin serta Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sehingga, mereka pun bisa memilih sesuai dengan harapan masing-masing.

Namun rupanya, saat debat berlangsung, ada beberapa hal unik dan menarik yang terjadi. Salah satunya adalah ekspresi beragam Jokowi saat mendengar pembicaraan Prabowo ketika debat capres 17 Februari 2019.

Selain itu, ada hal menarik juga pada daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Sebanyak enam nama Tuhan akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 17 April 2019.

Berikut hal-hal unik dan menarik pada ajang Pemilu 2019 yang dihimpun Liputan6.com:

 

2 of 4

1. Yang Unik saat Debat Capres 17 Februari 2019

Peluk Hangat Jokowi - Prabowo Akhiri Debat Perdana Pilpres 2019
Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Salah satu momen kocak dan menarik pada Debat Pilpres 2019 yang jadi perhatian warganet adalah ekspresi wajah Capres Nomor Urut 1, Joko Widodo alias Jokowi.

Beberapa kali, Jokowi tampak pasang wajah kocak saat tersorot kamera. Hal inipun tidak luput dari mata warganet yang begitu jeli. Buktinya, sejumlah ekspresi wajah Jokowi ramai-ramai diunggah ke lini masa Twitter.

Kemudian, ada juga ketika Prabowo menanyakan kepada Jokowi tentang arti unicorn. Kala itu, capres petahana Jokowi memberi pertanyaan kepada Prabowo mengenai insfrastruktur apa yang akan dibangun untuk dukungan membangun unicorn di Indonesia.

Unicorn merupakan sebutan bagi start-up atau perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dolar Amerika Serikat. Prabowo pun memberi tanggapan,"Yang dimaksud unicorn, apa yang online-online itu?" tanya Prabowo.

Namun sebelumnya, pada debat perdana capres dan cawapres 17 Januari 2019, Prabowo berjoget ketika debat sedang berlangsung.

Hal itu terjadi saat calon presiden nomor urut 01 Jokowi membeberkan data yang dilansir Indonesia Corruption Watch (ICW) yang mengungkap adanya sejumlah caleg yang diusung Partai Gerindra merupakan mantan koruptor.

Calon presiden nomor urut 02 yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ingin langusng menjawab pertanyaan yang dilontarkan Jokowi itu. Namun karena belum waktunya menjawab, moderator debat Ira Koesno melarang Prabowo menjawab.

Prabowo pun langsung joget menggoyangkan tangannya sembari tersenyum. Calon wakil presiden Sandiaga Uno yang berada di bawahnya kemudian menenangkan Prabowo sambil memijat-pijat pundaknya.

Moderator kemudian kemudian melanjutkan jalannya debat dengan mempersilakan Prabowo menanggapi jawaban Prabowo.

 

3 of 4

2. Tuhan Ikut Pemilu 2019

Ilustrasi foto E-KTP
Ilustrasi foto E-KTP

Enam 'Tuhan' akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilpres 17 April 2019. Enam Tuhan tersebut masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan mencoblos di Jember dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif 17 April mendatang.

Kepastian masuknya enam 'Tuhan' dalam DPT ini disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Jember Jawa Timur, Ahmad Hanafi.

"Tuhan merupakan nama warga Jember yang berada di lima kecamatan, yakni Kecamatan Arjasa, Balung, Kencong, Patrang dan Sumber baru," tutur Hanafi saat hubungi Liputan6.com, Kamis petang (21/2/2019).

Dia menjelaskan, keenam orang bernama Tuhan tersebut sebelumnya juga masuk dalam data pemilih tetap Pemilu Kepala daerah dan wakil kepala daerah 2015 lalu. Tahun ini nama tersebut, muncul kembali.

"Selama orangnya masih ada dan tidak pindah wilayah, pasti akan muncul dalam DPT. Apalagi, penentuan DPT berbasis KTP elektronik," kata mantan wartawan televisi swasta ini.

Nama enam Tuhan ini tercatat Dalam DPT berada di enam desa pada lima Kecamatan di kabupaten Jember, yaitu pertama beralamat di Dusun Darungan RT 01 RW 08. Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa terdaftar di TPS 15.

Kedua beralamat di Dusun kebon RT 03 RW 14 Desa Tutul Balung masuk DPT TPS 22. Selain itu Tuhan ketiga beralamat Dusun Gumuk Banji RT 02 RW 35 Desa Kencong Kecamatan Kencong, di TPS 79.

Tuhan keempat beralamat di Jalan Manyar Krajan RT 01 RW 06 Kelurahan Slawu Patrang tercatat di TPS 12.

Kelima beralamat Dusun Racekan RT 58 RW 11 tercatat di TPS 19 Desa Pringgowirawan Kecamatan Sumberbaru. Dan Tuhan keenam beralamat di Dusun Karang Anom RT 03 RW 10 Desa Karang Bayat Sumber baru, ada di TPS 13.

4 of 4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by