1.406 Koli Surat Suara Tiba di Singkawang

Oleh Liputan6.com pada 24 Feb 2019, 16:05 WIB
Diperbarui 24 Feb 2019, 17:15 WIB
Pelipatan Surat Suara KPU Jakarta Pusat

Liputan6.com, Pontianak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima 1.406 koli surat suara. Seribuan surat suara itu diamankan di Kantor KPU Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

"Surat suara ini tiba pada Jumat (22/2) sekitar pukul 20.00 WIB," kata Ketua KPU Singkawang, Riko, di Singkawang, Minggu (24/2/2019) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, hingga hari ini, pihaknya belum melakukan pelipatan karena masih menunggu arahan dari KPU RI. Bahkan, segel kotak surat suara itupun belum dibuka untuk penyortiran dan penghitungan.

"Mengenai cukup atau tidak jumlahnya atau ditemukan adanya kerusakan tentu hal itu akan segera kita sampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi," ujar Riko.

Surat suara yang dicetak dan didistribusikan ini adalah untuk kebutuhan DPT ditambah 2 persen dari jumlah DPT.

"Artinya, kalau di Singkawang ada sebanyak 160.753 pemilih ditambah dengan 2 persen dari itu, berarti jumlah surat suara dikalikan dengan 5 jenis surat suara yaitu Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota," kata Riko.

Dia mengatakan, KPU Singkawang berusaha menjaga keamanan surat suara saat menyimpannya di gudang. Salah satunya dari gangguan cuaca.

"Tetap kami pantau keamanannya baik dari cuaca maupun gangguan yang lainnya," Riko menjelaskan.

KPU Singkawang pun berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan surat suara. Mulai dari pengiriman surat suara, saat tiba di Pelabuhan Pontianak, maupun dalam pendistribusian nanti.

2 of 3

Mulai Didistribusikan 16 Februari

Pelipatan Surat Suara KPU Jakarta Pusat
Sejumlah pekerja menyelesaikan pelipatan surat suara Pemilihan Umum 2019 di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, Selasa (19/2). Nantinya surat suara itu akan didistribusikan sebelum penyelenggaraan Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Ketua KPU Kalimantan Barat, Ramdan mengatakan, surat suara untuk pelaksanaan Pemilu 2019 mulai didistribusikan sejak 16 Februari lalu.

"Kondisi berikutnya yang kita tunggu, yang sudah terkonfirmasi dari pihak perusahaan yang akan dikirim per tanggal 18 Februari mulai diberangkatkan surat suara untuk Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ramdan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait dalam proses pengiriman suara suara di Kabupaten Sambas, baik Kapolda, Bawaslu dan para pihak yang ikut proses pengawalan. "Untuk total keseluruhan surat suara untuk Kalbar sekitar 180 jutaan," kata Ramdan.

Dia mengatakan, seluruh surat suara diprediksikan datang pada 3 Maret 2019, di mana itu sudah terdistribusi ke seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalbar.

3 of 3

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by