Sukses

1.406 Koli Surat Suara Tiba di Singkawang

Seribuan surat suara itu diamankan di Kantor KPU Kota Singkawang.

Liputan6.com, Pontianak - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima 1.406 koli surat suara. Seribuan surat suara itu diamankan di Kantor KPU Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

"Surat suara ini tiba pada Jumat (22/2) sekitar pukul 20.00 WIB," kata Ketua KPU Singkawang, Riko, di Singkawang, Minggu (24/2/2019) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, hingga hari ini, pihaknya belum melakukan pelipatan karena masih menunggu arahan dari KPU RI. Bahkan, segel kotak surat suara itupun belum dibuka untuk penyortiran dan penghitungan.

"Mengenai cukup atau tidak jumlahnya atau ditemukan adanya kerusakan tentu hal itu akan segera kita sampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi," ujar Riko.

Surat suara yang dicetak dan didistribusikan ini adalah untuk kebutuhan DPT ditambah 2 persen dari jumlah DPT.

"Artinya, kalau di Singkawang ada sebanyak 160.753 pemilih ditambah dengan 2 persen dari itu, berarti jumlah surat suara dikalikan dengan 5 jenis surat suara yaitu Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota," kata Riko.

Dia mengatakan, KPU Singkawang berusaha menjaga keamanan surat suara saat menyimpannya di gudang. Salah satunya dari gangguan cuaca.

"Tetap kami pantau keamanannya baik dari cuaca maupun gangguan yang lainnya," Riko menjelaskan.

KPU Singkawang pun berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan surat suara. Mulai dari pengiriman surat suara, saat tiba di Pelabuhan Pontianak, maupun dalam pendistribusian nanti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mulai Didistribusikan 16 Februari

Sebelumnya, Ketua KPU Kalimantan Barat, Ramdan mengatakan, surat suara untuk pelaksanaan Pemilu 2019 mulai didistribusikan sejak 16 Februari lalu.

"Kondisi berikutnya yang kita tunggu, yang sudah terkonfirmasi dari pihak perusahaan yang akan dikirim per tanggal 18 Februari mulai diberangkatkan surat suara untuk Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang," tuturnya.

Pada kesempatan itu, Ramdan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait dalam proses pengiriman suara suara di Kabupaten Sambas, baik Kapolda, Bawaslu dan para pihak yang ikut proses pengawalan. "Untuk total keseluruhan surat suara untuk Kalbar sekitar 180 jutaan," kata Ramdan.

Dia mengatakan, seluruh surat suara diprediksikan datang pada 3 Maret 2019, di mana itu sudah terdistribusi ke seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalbar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.