Sukses

Perempuan dan Anak Jadi Alasan Chicha Koeswoyo Jadi Caleg di Pemilu 2019

Menurut Chicha, perempuan kerap kali berpikir pendek dengan menikah muda tanpa mempertimbangkan aspek lain.

Liputan6.com, Jakarta - Chicha Koeswoyo punya pertimbangan tersendiri saat memutuskan maju sebagai calon legislatif DPR RI dapil Jakarta Timur dari PDIP. Dia mengaku khawatir dengan semakin merosotnya kualitas anak dan perempuan yang mengesampingkan pendidikan.

"Karena itu saya bulat akan memperjuangkan mereka jika terpilih menjadi anggota DPR," ujar Chicha di rumah relawan Chicha di Kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (17/2/2019).

Menurut anak tertua dari Nomo Koeswoyo ini, perempuan kerap kali berpikir pendek dengan menikah muda tanpa mempertimbangkan aspek lain, seperti biaya dapur ngebul serta dampak kekerasan rumah tangga.

"Begitu juga dengan anak-anak. Di dapil saya banyak sekolah, tetapi mereka tak mau sekolah. Kemudian banyak juga yang masih kekurangan gizi. Inilah yang membuat saya tergerak dan akan mengubah pola pikir mereka bahwa belajar itu penting sekali," katanya.

Mantan penyanyi cilik era 70-an ini berharap ada banyak wanita hebat, juga tangguh di setiap kota dan sudut kampung. Utamanya di Jakarta Timur. Perempuan hebat, kata dia, adalah perempuan yang bisa berpikir dan keluar dari kesulitan.

"Seperti yang saya bilang, saya ingin memberi pemahaman dan eduksi ke mereka bahwa ilmu itu penting, bukan sekedar nikah tanpa persiapan. Pokoknya tekad saya bulat, saya ingin mereka jadi perempuan tangguh," kata Chicha Koeswoyo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Dukungan

Acara nonton bareng debat capres dan ramah tamah ditutup dengan makan malam dan doa bersama. Chicha terlihat mendapat banyak dukungan dari sejumlah kerabat dan tetangganya.

"Saya menitipkan perempuan dan anak kepada Mbak Chicha supaya memperhatikan kesehatan, pendidikan dan diberikan budaya yang baik. Yang pasti mbak Chicha harus bisa menanamkan nasionalisme untuk persatuan bangsa kita," tutup relawan Chicha, Haryo Tienmar. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.