Sukses

Semprotan Disinfektan Jaga Gudang Logistik KPU Muarojambi

KPU memaksimalkan penyimpanan logistik Pemilu di dua gudang.

Liputan6.com, Jambi - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan di gudang penyimpanan logistik Pemilu 2019.

Hal itu dilakukan untuk memastikan semuanya terjaga dan terhindar dari kerusakan akibat jamur yang ditimbulkan oleh kelembaban udara.

"Gudang penyimpanan logistik sudah disterilkan dan disemprot disinfektan untuk memastikan ruangan aman dan tidak berjamur. Kita juga menempatkan logistik Pemilu di atas papan, jadi tidak langsung menyentuk lantai," ujar Ketua KPU Muarojambi Elfi Prastia, seperti dilansir Antara, Kamis (7/2/2019).

Ia mengatakan, KPU memaksimalkan penyimpanan logistik Pemilu di dua gudang, yakni Kompleks Pemkab Muarojambi di Sengeti dan satu gudang lagi di bekas bangunan kantor lama KPU di dekat Lapangan Akso Dano Sengeti.

Kedua gudang itu, menurut Elfi, sudah disiapkan dan dipelihara hingga hal yang paling detil, salah satunya penyemprotan dengan disiinfektan.

Sebelum logistik masuk, pihaknya memastikan terlebih dahulu atapnya tidak bocor, tidak ada air di lantai dan lainnya.

"Pokoknya kita pastikan semuanya terjaga, selain dari keamanan juga dari hal-hal kecil yang bisa memicu masalah. Sekecil apapun itu kita awasi," kata dia.

Elfi menjelaskan, saat ini sejumlah logistik Pemilu 2019 telah datang dan masuk ke KPU, seperti kotak suara, pensil, peralatan pencoblosan, sampul, kabel ties, dan beberapa item lainnya.

"Saat ini sudah dalam tahapan pengesetan untuk setiap TPS, sedangkan surat suara masih belum datang. Mungkin dalam lima hari atau sepekan ke depan baru datang. Kita sudah persiapkan untuk tahapan penanganan surat suara," ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surat Suara

Khusus untuk persiapan pelipatan surat suara, menurut Elfi, pihaknya mempersiapkan untuk penambahan gudang penyimpanan logistik.

Selain di dua gudang yang ada juga berencana untuk menggunakan Aula Sailun Salimbai milik Pemkab Muarojambi yang berjarak sekitar 300 meter dari kantor KPU Muarojambi.

"Untuk pelipatan surat suara akan difokuskan di Kantor KPU, sedangkan barang yang ada di gudang di belakang rencanaya kita akan alihkan menggunakan Gedung Sailun Salimbai, kita masih kaji dulu, mungkin akan ditetapkan secepatnya," tuturnya.

Berdasarkan data KPU Muarojambi, jumlah peserta Pemilu di daerah itu sebanyak 279.699 orang yang akan memberikan hak pilihnya di 1.293 TPS yang tersebar di 155 desa di 11 kecamatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.