Sukses

Sosialisasi Pemilu 2019, KPU Palembang Manfaatkan Relawan Demokrasi

KPU Kota Palembang menjaring 55 putra dan putri terbaik dari Bumi Sriwijaya ini sebagai relawan demokrasi untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019.

Liputan6.com, Palembang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, Sumatera Selatan memanfaatkan relawan demokrasi untuk memotivasi masyarakat yang memiliki hak pilih pada Pemilu 17 April 2019 agar menggunakan hak suaranya dengan baik sesuai hati nurani.

"Dalam pemilihan anggota legislatif yang digelar bersamaan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 tercatat 1.126.087 masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), para pemilih tersebut diharapkan paling sedikit 77 persen di antaranya memanfaatkan hak suaranya," ujar Komisioner KPU Kota Palembang Divisi Sosialisasi, Parmas, dan SDM Yetty Oktarina, seperti dilansir Antara, Rabu (30/1/2019).

Dia mengatakan, untuk memotivasi masyarakat yang masuk dalam DPT agar memanfaatkan hak suaranya dalam Pemilu, pihaknya berupaya memanfaatkan secara maksimal relawan demokrasi yang direkrut pada Januari ini.

Yetty menjelaskan, untuk menghadapi Pemilu 17 April 2019, pihaknya merekrut remaja berusia 17-25 tahun dan masyarakat umum mengikuti seleksi relawan demokrasi.

Dalam seleksi yang dilakukan beberapa waktu lalu, kata dia, pihaknya menjaring 55 putra dan putri terbaik dari Bumi Sriwijaya ini sebagai relawan demokrasi untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Relawan demokrasi tugasnya hanya melakukan sosialisasi seluruh tahapan pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden/wakil presiden ke seluruh lapisan dan elemen masyarakat atau sesuai 10 segmen kelompok masyarakat, seperti kelompok disabilitas, warganet atau kelompok pengguna media sosial, dan keagamaan," papar Yetty.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lama Masa Tugas

Yetty mengatakan, relawan demokrasi didorong memanfaatkan masa tugasnya yang hanya tiga bulan itu untuk gencar melakukan kegiatan sosialisasi mengenai berbagai tahapan Pemilu 2019.

Selain itu, kata dia, relawan Pemilu juga mengedukasi masyarakat mengenai besarnya peran mereka dalam menentukan nasib bangsa dan negara lima tahun ke depan.

"Melalui upaya tersebut diharapkan bisa menekan golput, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saat berlangsungnya pesta demokrasi rakyat itu sesuai dengan target yang ditetapkan," pungkas Yetty.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.