Sukses

KPU Sebut Logistik Pemilu 2019 di Batang Aman dari Banjir

Logistik Pemilu 2019 ini mulai didistribusikan pada 13-14 April mendatang.

Liputan6.com, Batang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah menyatakan, kondisi logistik Pemilu 2019 seperti kotak suara yang terbuat dari kardus, aman dari rendaman banjir di daerah setempat.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Batang Nur Tofan, saat ini logistik Pemilu 2019 masih disimpan di gudang yang lokasinya bebas dari banjir dan dijaga oleh dua petugas KPU dan dua polisi selama 24 jam.

"Sejak awal, kami mencari penyewaan gudang untuk menyimpan logistik di wilayah yang aman dan bebas dari rendaman banjir," ujar Tofan, seperti dikutip dari Antara, Selasa (29/1/2019).

Dia mengatakan, kotak suara yang terbuat dari kertas kardus ini akan mulai dirakit pada awal Februari 2019 dengan melibatkan 10 tenaga kerja.

"Kami tidak banyak melibatkan tenaga kerja untuk merakit kotak suara itu agar tidak rusak dan selanjutnya akan didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) sesuai dengan jadwal," ucap Tofan.

Logistik Pemilu 2019 ini, kata dia, mulai didistribusikan pada 13-14 April mendatang ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), kemudian pada 15-16 April didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Kami merencanakan lokasi PPS akan diselenggarakan di gedung agar aman karena diperkirakan pada pelaksanaan Pemilu 2019 masih memasuki musim hujan," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan Kondisi Cuaca

Terkait dengan rekap penyimpanan dan pengamanan logistik PPS, menurut Tofan, KPU akan memperhatikan kondisi cuaca dengan melibatkan pemerintah kecamatan dan berkoordinasi dengan desa.

"Logistik akan didistribusikan oleh KPU ke PPK mulai 13 hingga 14 April mendatang, PPK ke PPS pada tanggal 15 April 2019, dan PPS ke TPS pada tangal 16 April 2019," pungkas Tofan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.