Sukses

Survei Index Research: 5 Partai Melenggang Mulus ke Parlemen

Di luar 5 partai teratas, ada sejumlah partai yang masih punya peluang lolos ke parlemen.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga penelitian Indonesia Elections and Strategic (Index) Research merilis hasil surveinya yang dilakukan 17-28 Desember 2018 lalu. Salah satu temuan yang disoroti adalah posisi partai-partai politik yang diprediksi lolos di Pemilu 2019.

Direktur Eksekutif Index Research Vivin Sri Wahyuni mengatakan, hanya lima partai yang suaranya aman. Partai-partai itu adalah, PDIP dengan raihan 25,7 persen, Gerindra 14,7 persen, Golkar 9,8 persen, PKB 7,5 persen, dan Demokrat 4,6 persen.

"PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, dan Demokrat, berada dalam posisi aman melewati ambang batas atau parliamentary threshold sebesar 4 persen," ucap Vivin dalam keterangannya, Sabtu (12/1/2019).

Ada pula partai yang suaranya masih di bawah ambang batas, namun punya peluang untuk mendongrak perolehan. Misalnya saja NasDem dengan 3,5 persen, PPP 3,3 persen, PKS 3,2 persen, PAN 2,6 persen, PSI 2,3 persen, dan Perindo 2,2 persen.

"Enam parpol lainnya masih berpeluang untuk dapat menembus ambang batas, dengan memperhitungkan margin of error," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Lolos

Sisa partai lain seperti, Hanura 1 persen, PBB 0,9 persen, Berkarya 0,8 persen, PKPI 0,4 persen, dan Garuda 0,1 persen, diprediksi tak lolos ke senayan.

"Hampir dapat dipastikan gagal mengirimkan wakil ke Senayan," kata Vivin.

Dia menambahkan, semua partai masih bisa merebut segmen yang masih belum menentukan pilihan. Porsi kelompok ini 17,4 persen dari total pemilih.

Survei ini dilakukan dengan 1.200 responden. Metode yang digunakan yakni, multistage random sampling dengan margin of error 2,9 persen, dan dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Saksikan video pilihan di bawah ini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.