Sukses

PDIP Kantongi Rp 118 Miliar untuk Kampanye Pileg 2019

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kantongi Rp 118 miliar untuk kampanye di Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kantongi Rp 118 miliar untuk kampanye di Pemilu 2019. Hal ini terungkap saat penyerahan Laporan Penerima Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambe, mengatakan, dana tersebut berasal dari sumbangan para calon legislatif, yang sudah berjalan kurang lebih 3 bulan.

Dia menegaskan, pihaknya sama sekali belum menerima pemasukan dari pihak atau perusahaan manapun. Semuanya tetap berasal dari Caleg yang ada.

"Sumbangan dari badan usaha belum ada, ini masih murni pengeluaran dari para caleg selama 3 bulan ini. Sehingga Rp 118 miliar itu masih murni pengeluaran dari caleg, dari pihak ketiga masuk ke partai belum ada. Penambahan kas partai itu hanya dari jasa giro aja yang ada di kas partai," ucap Olly di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (2/1/2019).

Dia menjelaskan, pastinya ada sumbangan dari simpatisan atau pihak luar pendukung partai berlambang banteng bermoncong putih itu. Semua tengah dikomunikasikan bersama PDIP.

"Iya yang noncaleg, pasti ada pasti ada. Karena kita sudah adakan komunikasi," jelas Olly.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Februari Tambah

Dia menuturkan, dana dari pihak luar tersebut baru masuk sekitar bulan Februari.

"Mungkin bulan bulan Februari baru mereka akan memberikan bantuan kepada PDIP Perjuangan," ungkap Olly.

Dia juga memastikan, dana yang masuk sejauh ini cukup untuk biaya kampanye. Karena memang sudah ada pembagian proposionalnya.

"Jadi saya kira PDIP tidak kali ini baru ikut Pileg, sudah berkali-kali, sudah bisalah kegiatan-kegiatan seperti ini," pungkasnya.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.