Sukses

Wapres Jusuf Kalla Harap WNI di Argentina Gunakan Hak Pilih

Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap seluruh WNI di Argentina yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) menggunakan hak pilihnya.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap seluruh warga negara Indonesia (WNI) di Argentina yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) menggunakan hak pilihnya. Pemilu akan digelar mulai 17 April 2019.

Hal itu disampaikan Jusuf Kalla saat menghadiri acara temu sapa dengan WNI di Buenos Aires, Argentina, pada sela-sela kunjungannya dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"Termasuk Anda punya hak; mau datang boleh, tidak datang boleh. Tapi saya harapkan Anda datang untuk memilih pemimpin yang diharapkan," kata Wapres seperti dilansir Antara di Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Jusuf Kalla mengatakan, pemilihan umum pada April mendatang merupakan pelaksanaan pesta demokrasi paling rumit yang pernah dialami Indonesia, karena pada hari yang sama terjadi pemilu untuk lima kategori.

"Pemilu (2019) kali ini adalah pemilu paling rumit, karena terdapat lima pemilihan sekaligus mulai dari pemilihan DPRD kota-kabupaten, hingga pemilu presiden," ujar Jusuf Kalla.

Wapres pun menyampaikan, kepada WNI di Argentina, pelaksanaan pemilu di Indonesia selalu berlangsung aman, dengan tolok ukur tidak ada korban jiwa akibat konflik perbedaan pandangan politik dalam pilkada serentak maupun pileg dan pilpres sebelumnya.

Oleh karena itu, Wapres mengajak semua WNI untuk menjaga kondisi kebangsaan mulai dari masa kampanye hingga tahapan pemilu 2019 berakhir.

Perbedaan pandangan politik, suku, agama, ras dan antargolongan harus dapat dimaknai sebagai kekuatan bangsa Indonesia untuk menjaga persatuan, pesan Wapres Jusuf Kalla.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paling Harmonis

Pada hal toleransi beragama, lanjut dia, Indonesia termasuk negara yang baik dalam menjaga keharmonisan di tengah perbedaan.

"Sebenarnya di antara banyak negara, kita merupakan yang terbaik. Contohnya, menteri kita ada 35 dan semua agama ada. Kita juga punya 15 hari libur nasional, dan semua hari libur agama-agama ada," ujar JK.

Jumlah WNI di luar negeri yang tercatat dalam DPT hasil perbaikan tahap pertama oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebanyak 2.025.344 pemilih.

Wapres telah menghadiri rangkaian acara KTT G20 di Buenos Aires, Argentina pada Jumat (30/11) dan Sabtu (1/12). G20 merupakan forum kerja sama di bidang perekonomian yang diikuti oleh 19 negara dengan ekonomi terbesar dan strategis, ditambah organisasi supranasional Uni Eropa.

KTT G20 mengambil tema Membangun Konsensus untuk Pembangunan yang Berkelanjutan dan Adil, dengan mengusung tiga agenda prioritas yaitu meingkatkan inklusivitas dan mengurangi kesenjangan melalui pemanfaatan teknologi, investasi pendidikan dan pelatihan, serta kebijakan fiskal dan reformasi struktural.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • WNI adalah Warga Negara Indonesia asli.

    WNI