Sukses

KPU Surabaya Telah Siap Gelar Pemilu 2019

Ada tiga hal yang perlu disiapkan KPU Kota Surabata hingga akhirnya siap melaksanakan Pemilu 2019.

Liputan6.com, Surabaya - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Jawa Timur menyatakan kesiapannya dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 baik Pileg dan Pilpres.

"Kami ingin menunjukan kepada publik bahwa KPU Surabaya telah siap menyelenggarakan Pemilu 2019," ujar Ketua KPU Kota Surabaya Nur Samsi, seperti dikutip dari Antara, Rabu (28/11/2018).

Dia menyebut, ada tiga hal yang perlu disiapkan KPU, yaitu pertama tentang rekrutmen Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang dilaksanakan paling lambat satu bulan sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

"Insyaallah, kawan-kawan PPS (Panitia Pemungutan Suara) atau petugas yang melakukan rekrutmen ini berkoordinasi dengan tokoh masyarakat setempat agar diperoleh petugas KPPS yang kredibel," ucapnya.

Kedua, lanjut Nur Samsi, terkait anggaran, berdasarkan yang disampaikan oleh pimpinan KPU RI bahwa anggaran Pemilu 2019 yang dianggarkan pada tahun 2018 ini telah siap.

"Sehingga bagi KPU Kota Surabaya tidak ada keraguan terkait dengan anggaran tersebut," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persiapan Logistik

Menurut Nur Samsi, persiapan KPU yang ketiga adalah logistik. Karena, kata dia, meskipun SDM dan anggaran telah siap, apabila logistik belum siap tentunya tidak bisa dilaksanakan Pemilu 2019.

"Oleh karena itu, hal ini perlu disampaikan kepada publik bahwa KPU Surabaya telah siap dari kebutuhan logistiknya," terangnya.

Adapun, lanjut Nur Samsi, beberapa kebutuhan perspektif logistik di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dimaksud seperti bilik suara, kotak suara, segel, alat coblos TPS dan surat suara.

"Sedangkan yang belum siap sampai hari ini adalah segel dan surat suara. Insya Allah kedepan KPU RI segera menyiapkan segel dan surat suara," pungkas Nur Samsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.