Sukses

KPU Berkomitmen Wujudkan Pemilu Berintegritas

KPU siap melaksanakan pemilu pada 17 April 2019, baik dari segi anggaran, logistik hingga personel.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu yang jujur, adil, dan berintegritas pada 2019 nanti. KPU juga berkomitmen melindungi, melayani pemilih untuk menggunakan hak pilihnya serta melaksanakan seluruh tahapan pemilu dengan transparan dan partisipatif.

Komitmen itu disampaikan oleh Ketua KPU Arief Budiman bersama komisioner KPU seluruh Indonesia saat menyampaikan deklarasi Pemilu 2019, dalam Rapat Koordinasi Nasional KPU, di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Arief mengatakan, KPU siap melaksanakan pemilu pada 17 April 2019, baik dari segi anggaran, logistik hingga personel.

"Dari beberapa komponen enggak ada masalah yang berarti, maka KPU menyimpulkan sampai tahap ini KPU siap menyelenggarakan Pemilu 2019 yang lebih demokratis untuk mendapatkan pemimpin yang terbaik," kata Arief dalam sambutannya, Sabtu (17/11/2018).

Menurut dia, seluruh KPU daerah melaporkan kesiapan, terutama soal anggaran Pemilu 2019. Terlebih, anggaran merupakan salah satu faktor utama dalam persiapan penyelenggaraan pilpres dan pileg.

"Pertama kami ukur anggaran untuk penyelenggaraan pemilu sudah ada, sudah cukup dan siap digunakan atau tidak. Tidak satu pun dari perwakilan baik satker kabupaten/kota menyatakan tidak ada anggarannya. Setidaknya faktor utama KPU siap, termasuk anggaran untuk tahun kegiatan 2019," tutur Arief seperti dilansir Antara.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kotak Suara Sudah Disebar

Selain itu, dari sisi kesiapan personel, KPU telah membuka proses rekrutmen untuk mendukung penyelenggaraan Pemilu 2019. Sementara itu, dari segi logistik seperti surat suara hingga kotak suara, Arief mengatakan KPU sudah siap melaksanakan Pemilu. Ia menyebut sebagian besar kotak suara sudah disebarkan ke daerah.

Hadir dalam Rakornas KPU itu antara lain, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua DPR Utut Adianto dan anggota Bawaslu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.